March 2, 2022

Kolaborasi dengan AWS, ICS Compute Tawarkan Layanan FinOps untuk Percepat Transformasi Cloud di Indonesia

Penulis: Iwan RS
Kolaborasi dengan AWS, ICS Compute Tawarkan Layanan FinOps untuk Percepat Transformasi Cloud di Indonesia  

Mobitekno – AWS (Amazon Web Services) mengumumkan kolaborasinya dengan ICS Compute untuk meningkatkan keterampilan sumber daya manusia dan pengembangan fitur lanjutan di AWS (24/2/2022). Sebagai mitra lokal, ICS Compute selama ini juga telah menjadi anggota AWS Partner Network (APN) sekaligus mitra AWS Advanced Partner dan Solution Delivery Partner.

Kesepakatan yang ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kolaborasi (Strategis Strategic Collaboration Agreement/SCA) ini akan diwujudkan melalui peningkatan penggunaan layanan AWS oleh ICS Compute, seperti analitik data, machine learning, kecerdasan artifisial (AI), dan serverless, untuk lebih mendorong inovasi digital di Indonesia.

“Kerjasama ini membantu pelanggan kami mendapatkan nilai lebih dari cloud serta untuk mengembangkan generasi baru praktisi cloud yang terampil,” kata Budhi Wibawa, Founder dan CEO ICS Compute melalui rilis yang diterima redaksi.

“ICS Compute memiliki peranan yang sangat penting untuk mendorong perluasan penggunaan cloud lokal, termasuk di Indonesia,” ujar Gunawan Susanto, Country Manager, Indonesia, AWS.

AWS Indonesia ICS Compute 02
Gunawan Susanto, Country Manager, Indonesia, AWS (kiri) dan Budhi Wibawa, Founder dan CEO ICS Compute (kanan)

 

Selain itu, perjanjian kolaborasi ini juga mencakup pelatihan untuk peningkatan kapasitas tim sales. Serta untuk peningkatan kapabilitas teknis dan pelaksanaan bisnis migrasi cloud yang dijalankan ICS.

ICS Compute berencana mengembangkan praktik konsultasi FinOps (Financial Operations) bersama dengan AWS, termasuk mempersiapkan tim lintas departemen, multidisiplin di bidang keuangan, konsultasi dan teknik.

FinOps sebagai pendekatan manajemen financial/keuangan cloud diprediksi akan memainkan peranan yang lebih penting sejalan dengan semakin matangnya transformasi cloud di Indonesia.

Sebagai bidang ilmu dan praktik budaya yang terus berkembang, FinOps membantu memaksimalkan nilai bisnis organisasi dengan mendukung tim teknik, keuangan, teknologi, dan bisnis dalam kolaborasi untuk mengambil keputusan belanja (spending) berdasarkan data.

Selama ini, ICS Compute sudah mendukung pelanggannya, seperti Kawan Lama Group, Tempo Media dan Arista Group, melakukan transformasi dan menginovasikan kembali bisnisnya (reinventing business) melalui penerapan, modernisasi, dan pengoptimalan solusi cloud, dan berarti mendukung transformasi dan inovasi digital, termasuk dalam FinOps.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS