August 31, 2021

Usung UI/UX Baru, DANA V2.0 Janjikan Pengalaman Bertransaksi yang Bebas Ribet

Penulis: Iwan RS
Usung UI/UX Baru, DANA V2.0 Janjikan Pengalaman Bertransaksi yang Bebas Ribet  

Mobitekno – Sejak pandemi COVID-19 melanda Tanah Air selama lebih dari setahun, transaksi dengan uang elektronik atau non-tunai makin diminati masyarakat. Selain dianggap lebih mudah dan efisien, alasan lainnya adalah lebih aman dari penularan virus corona karena dilakukan tanpa atau minim kontak secara langsung.

Menurut catatan Bank Indonesia (BI), nilai transaksi dengan uang elektronik mencapai Rp25,4 triliun pada Juli 2021 lalu atau meningkat 5% dari bulan sebelumnya (Rp24,1 triliun). Raihan tersebut sekaligus menjadi rekor tertinggi sepanjang tahun 2021 ini.

Salah satu pihak pendorong peningkatan transaksi ini adalah penyedia layanan dompet digital DANA yang konsisten melakukan inovasi demi kenyamanan penggunananya.

Menutup bulan Agustus tahun ini, DANA kembali mengumumkan update terbaru aplikasi dompet digitalnya, DANA v2.0 yang menyajikan tampilan antarmuka (UI/user interface) terbaru yang diklaim akan meningkatkan pengalaman pengguna (UX) dalam melakukan berbagai transaksi digital.

DANA v.2.0 diharapkan dapat mengakselerasi teknologi yang inklusif untuk semua lapis masyarakat dan membawa perubahan yang progresif dalam memudahkan beragam aktivitas yang pada akhirnya dapat memberdayakan masyarakat menuju kehidupan yang lebih baik atau sejahtera.

Dalam sambutannya di acara konferensi pers virtual (27/8/2021), Vince Iswara, CEO dan Co-Founder DANA menyatakan bahwa inklusi teknologi finansial yang berperan penting dalam meningkatkan kontribusi ekonomi digital nasional, bisa terwujud jika kepercayaan dan literasi masyarakat Indonesia terhadap manfaat yang dihadirkan suatu layanan menguat.

Dengan demikian, fondasi yang dibutuhkan untuk membangun kepercayaan tersebut antara lain adalah memberikan kemudahan, kenyamanan penggunaan dan akses, keandalan teknologi, serta jaminan keamanan dan proteksi dari layanan tersebut.

“DANA v.2.0 yang kami kembangkan merupakan bentuk keseriusan kami dalam menjawab tantangan tersebut. Inovasi teknologi, termasuk UI dan UX, akan terus kami lakukan secara konsisten dan senantiasa menjadi fokus dalam pengembangan dompet digital DANA demi pengalaman bertransaksi yang terbaik untuk para pengguna,” tambahnya.

Pengembangan tampilan antarmuka (UI) membawa peran besar dalam memberikan nilai di setiap pengalaman pengguna (UX) dalam bertransaksi digital. Peranan ini diakui pula oleh beberapa studi seperti Forrester Research di tahun 2019 dalam laman website-nya yang menyatakan bahwa optimasi UI/UX sangat penting untuk sebuah aplikasi dalam mengantarkan pengguna pada tujuan mereka.

Dalam studi tersebut dikatakan pula apabila UI/UX yang optimal dapat mendorong keinginan transaksi pengguna sebesar 14,4% dan juga mampu mempertahankan retensi pengguna sampai 15,8%.

Oleh karena itu, pengembangan DANA v2.0 merupakan upaya DANA dalam menjembatani dan memahami basis pengguna di era digital yang memiliki karakteristik unik dengan kebutuhan yang makin kompleks.

Berpijak pada komitmen tersebut, DANA v2.0 menghadirkan sejumlah pembaruan pada beberapa aspek yang menjadi pilar DANA sebagai dompet digital yang aman dan tepercaya (trusted), bersahabat dan ramah pengguna (friendly), serta mudah dan selalu siap diandalkan (accessible).

Tampilan UI baru DANA v2.0 yang lebih minimalis pada dasarnya bertujuan untuk memudahkan pengguna melakukan berbagai transaksi digital. Misalnya fungsi untuk mengirim (Kirim Uang). Pengguna dengan mudah dapat memanfaatkan kolom pencarian untuk transfer yang lebih praktis. Selain itu, hadr pula fitur tujuan transaksi yang sebelumnya dilakukan. Kedua opsi ini bisa menjadi jalan pintas bagi pengguna untuk mempercepat transfer pada tujuan yang sama baik sesama pengguna DANA ataupun rekening bank.

DANA versi baru juga menyegarkan fitur DANA Statement dengan menambahkan widget di platform Apple iOS. Melalui pembaruan ini, pengguna dapat dengan cepat melihat seluruh pengeluaran mereka di DANA tanpa harus masuk ke aplikasi DANA.

Tidak kalah menariknya adalah fitur Daily Limit yang memungkinkan pengguna mengatur batas pembelanjaan harian untuk setiap kartu agar pengunaan dana lebi terkontrol. DANA juga menambahkan lapisan keamanan ekstra untuk kartu pengguna di dalam DANA.

Terkahir adalah fitur Smart Pay yang membantu memberikan rekomendasi metode pembayaran terbaik untuk pengguna. Jadi, pengguna tidak perlu khawatir jika saldo DANA tidak mencukupi untuk bertransaksi. Caranya pun mudah, Smart Pay dapat diaktifkan dengan mengakses halaman Me, lalu ubah pengaturan di Profile Setting, kemudian nyalakan Automatically Redirect Payment untuk mengaktifkan fungsi Smart Pay.

Peluncuran DANA v2.0 di bulan Agustus yang bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia dan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ini juga diharapkan dapat menjadi momentum bagi DANA untuk mengokohkan tekad dan upaya nyatanya dalam mendukung transformasi menuju masyarakat digital.

Tags: , , ,


COMMENTS