April 19, 2021

TikTok Bikin Program #SamaSamaBerbagi untuk Pengguna Rasakan Kebersamaan selama Bulan Suci

Penulis: Rizki R
TikTok Bikin Program #SamaSamaBerbagi untuk Pengguna Rasakan Kebersamaan selama Bulan Suci  

Mobitekno – Menyambut bulan suci Ramadan 1442 H, TikTok merilis program #SamaSamaBerbagi. Program ini ditujukan untuk membawa pengalaman Ramadan yang penuh kebahagiaan dan kebersamaan bagi komunitas TikTok dengan format video singkat.

Kegiatan yang berlangsung selama 5 April hingga 16 Mei 2021 ini bakal melibatkan pengguna dari berbagai latar belakang untuk sama-sama berbagi, melalui berbagai kegiatan menarik yang dikemas dalam bentuk festival online di aplikasi.

Dikatakan oleh Angga Anugrah Putra selaku Head of Content and User Operations di TikTok Indonesia bahwa TikTok ingin membawa kemeriahan Ramadan ke dalam aplikasi melalui berbagai virtual booth. Hal ini bertujuan agar masyarakat bersama komunitas global TikTok bisa sama-sama berbagi dengan cara menyenangkan, sambil mengekspresikan kreativitas mereka selama bulan Ramadan.

Ramadan di masa pandemi tahun ini memang sedikit berbeda dengan tahun lalu, dimana masyarakat lebih optimis karena sudah terbiasa jalani gaya hidup online yang serba digital. Hal senada juga tergambar di komunitas TikTok.

TikTok

Dalam riset internal TikTok (Desember, 2020), diungkapkan bahwa 71% pengguna merayakan Ramadan dengan cara masing-masing dari rumah. Mereka mencari inspirasi dan hiburan dengan format video singkat di TikTok, ditunjukkan dari engagement yang meningkat hingga 29% dibanding hari biasa.

Rangkaian program #SamaSamaBerbagi ini menjadi alternatif bagi komunitas untuk merayakan puasa dan Lebaran dari rumah dengan cara menyenangkan. Melalui komunitas TikTok yang inklusif, mulai dari konten kreator, selebriti, tokoh masyarakat, hingga pelaku bisnis, pengguna bisa saling berbagi kebahagiaan dan kebersamaan Ramadan dari rumah menggunakan fitur dan creative tools TikTok yang canggih. Program ini dikemas ke dalam format online booth melalui beberapa program, di antaranya:

  1. Inspirasi Ramadan dalam bentuk konten video yang beragam, mulai dari #KulinerRamadan untuk kategori kuliner, #InspirasiRamadan untuk kategori edukasi, #GayaRamadan untuk kategori fesyen, dan masih banyak lagi. Pengguna juga bisa menyaksikan Ramadan TikTok Live dengan topik-topik inspiratif dari pemerintah hingga selebriti.
  2. Sticker dan music spesial Ramadan yang mendukung pengguna untuk mengekspresikan kreativitas dan berkumpul untuk menikmati momen Ramadan dengan unik, seperti mudik online.
  3. Ramadan Live Sales Sessions yang memberikan platfrom bagi brand dan UKM untuk bisa menyampaikan promosi menarik bagi pengguna TikTok. Didukung dengan ekosistem TikTok yang unik dan dilengkapi dengan layanan livestream, para pelaku bisnis dari berbagai kategori bisa berinteraksi sekaligus memenuhi kebutuhan pengguna saat Puasa dan Lebaran dengan cara menyenangkan.

Keseruan Ramadan di TikTok ini turut dirasakan oleh para kreator yang sering membagikan konten inspiratif di akun mereka. Dimas (@dimsthemeatguy), top kreator TikTok kategori kuliner mengatakan, “#SamaSamaBerbagi ini menjadi semangat buat saya sebagai konten kreator untuk menginspirasi orang-orang dengan berbagai resep daging yang biasa saya bagikan, sehingga masyarakat bisa punya banyak pilihan saat memasak menu sahur atau buka puasa dari rumah,”

Sementara itu, Jihan Sahira (@hundji), top kreator TikTok kategori Fesyen menjelaskan meski di rumah, kita juga perlu menggunakan pakaian yang bisa meningkatkan mood selama menjalani puasa dan lebaran. Harapannya semoga konten-konten yang saya dan kreator lainnya bagikan bisa jadi referensi dan menambah semangat semua pengguna TikTok jalani Ramadan.

Tags: , , , ,


COMMENTS