December 15, 2021

Laporan Deloitte, Perdagangan Lintas Batas di Asia Pasifik Menjadi Kian Terdigitalisasi

Penulis: Desmal Andi
Laporan Deloitte, Perdagangan Lintas Batas di Asia Pasifik Menjadi Kian Terdigitalisasi  

Mobitekno – Kenyataan ini berdasarkan laporan terbaru Deloitte yang bertajuk “Technology-empowered Digital Trade in Asia Pacific”. Selain semakin terdigitalisasi, dalam laporan tersebut juga perdagangan yang ada semakin ramah lingkungan dan bisa menjamin masa depan berkelanjutan. Ini tentunya menguntungkan usaha kecil dan mikro karena bisa berperan penting di dalamnya.

Deloitte juga mencatat bahwa perdagangan digital akan semakin mempercepat peningkatan aktivitas e-commerce lintas batas, pengadopsian gaya hidup digital yang sangat cepat oleh konsumen, pengembangan lebih lanjut dari infrastruktur digital dan penguatan kerja sama regional yang dipimpin oleh Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP). Masa keemasan perdagangan digital di kawasan ini diharapkan akan terjadi dalam tiga tahun mendatang.

“COVID-19, perkembangan teknologi digital, dan peningkatan kerja sama regional mempercepat pembentukan perdagangan digital di kawasan Asia Pasifik. Perdagangan digital hadir dengan peluang pengembangan baru,” ujar Taylor Lam, Vice Chairman dan Technology, Media & Telecommunications Industry Leader di Deloitte China.

“Selain itu, RCEP akan mempromosikan kerja sama regional dan memfasilitasi perdagangan digital regional,” lanjut Taylor Lam.

Laporan mencatat beberapa insight penting untuk keadaan perdagangan yang lebih baik di kawasan Asia pasifik. Dimana perdagangan global saat ini akan memasuki era kecerdasan di masa depan. Hal ini karena seiring majunya teknologi digital, pengadopsian teknologi digital dalam perdagangan kini semakin mendalam dan lebih komprehensif. Perdagangan global pun telah memasuki era kecerdasan, di mana faktor data memainkan peran penting.

Selain itu, faktor lainnya yang mempengaruhi untuk masuk ke era kecerdasan adalah teknologi 5G. Teknologi jaringan ini akan menunjang pengembangan platform distribusi data dan arsitektur jaringan yang baru karena bisa memfasilitasi Internet of Everything (IoE). Akumulasi big data juga akan dipadukan dengan AI sehingga bisa memainkan peranan penting dalam pengambilan keputusan.

Secara keseluruhan, perdagangan global dewasa ini sedang mengalami pertumbuhan yang agresif dari digitalisasi menuju tahap kecerdasan, di mana “perdagangan digital” adalah perkembangan terkininya.

“Teknologi digital memungkinkan seller global berpartisipasi dalam perdagangan global tanpa ada hambatan,” kata Gary Wu, Deloitte Global Lead Client Service Partner.

”Perbaikan infrastruktur digital yang berkelanjutan akan secara efektif menyelesaikan dua kendala utama yang memengaruhi perdagangan lintas batas, yakni logistik dan pembayaran. Teknologi blockchain juga menciptakan ruang imajinasi baru untuk perdagangan digital.”

Figure 1
Laporan Delloitte

Perkembangan dan kematangan perdagangan digital di Asia Pasifik

Ini juga menjadi salah satu hal penting yang dicatat dalam laporan terbaru Delloitte. Ada beberapa catatan penting mengeni hal ini, yaitu:

  • Pengembangan dan kematangan perdagangan digital di negara dengan perekonomian besar di kawasan ini dinilai dari dua dimensi, e-commerce lintas batas (60%) dan digitalisasi (40%). Berdasarkan evaluasi ini, market-market di Asia Pasifik bisa dibagi menjadi Mature Market (China, Korea Selatan, Singapura, jepang), Developing Market (Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam, Filipina), dan Early Stage Market (Myanmar, Kamboja, Laos, Brunei).
  • Indonesia memiliki e-commerce berskala besar dengan potensi luar biasa dalam e-commerce lintas batas. Total besaran market e-commerce di Indonesia mencapai US$43,351 miliar pada tahun 2021 dibandingkan market e-commerce di China, atau tepat di belakang Korea Selatan yang merupakan negara terbesar ketiga di RCEP. Sementara itu, proporsi skala konsumsi e-commerce lintas batas di Indonesia mencapai US$17,34 miliar, yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan ‘Developing markets’ lain dan berada tepat di belakang China, salah satu ‘Mature markets’ di antara negara-negara RCEP.
  • E-commerce sosial juga berkembang pesat, dan konsumen gemar berdagang di media sosial. Konsumen Indonesia suka membeli produk yang terjangkau, dan rata-rata transaksinya adalah US$36, jauh lebih rendah dari Malaysia (US$54) dan Singapura (US$91). Pengguna juga lebih memilih platform e-commerce dalam bahasa lokal, yang sangat mempengaruhi pengalaman berbelanja mereka.

Munculnya micro-multinational enterprise (mMNE) sebagai pendorong utama di balik transformasi perdagangan digital di Asia Pasifik

  • Dengan bantuan platform digital, wirausaha dan usaha kecil telah menjadi mMNE karena mereka terlibat dalam e-commerce lintas batas di seluruh market global.
  • Mereka menyediakan “produk buatan lokal” yang beragam dan layanan kustomisasi untuk pembeli global, dan berkontribusi pada lebih dari 85% aktivitas e-commerce lintas batas di Asia Pasifik.
  • Karakteristik utama mMNE:
    • Lebih mahir dalam memanfaatkan platform digital
    • Berskala kecil, biasanya dengan jumlah karyawan kurang dari 10
    • Beroperasi secara global dengan rata-rata 3,56 outlet di luar negeri

Pembayaran dan penjualan adalah dua fungsi perdagangan dengan tingkat digitalisasi tertinggi

  • Tingkat penetrasi digitalisasi pembayaran mencapai 55% dan 53% untuk digitalisasi penjualan.
  • Mature market lebih banyak mengadopsi teknologi digital di bidang pembayaran, penjualan dan logistik.
  • Pada developing market, tingkat digitalisasi di bidang produksi dan perdagangan lebih tinggi.

 

 

 

Tags: , ,


COMMENTS