September 13, 2021

Melalui Huawei Developer Day 2021, Huawei Berdayakan Partner dan Developer Lokal

Penulis: Desmal Andi
Melalui Huawei Developer Day 2021, Huawei Berdayakan Partner dan Developer Lokal  

Mobitekno – Huawei baru saja menyelenggarakan Huawei Developer Day 2021 pada Jumat 10 September 2021. Event tahunan ini membahas update terbaru mengenai hubungan Huawei dengan para partner-partner mereka. Apalagi saat ini, dimana teknologi 5G dan AI sudah semakin berkembang, tentu dibutuhkan dukungan yang lebih kuat dari para partner dan developer lokal untuk menunjang ekosistem bisnis Huawei. Salah satu contohnya adalah Huawei selalu mengajak para partner dan deveoper lokal untuk mengembangkan Huawei Mobile System.

Huawei  Developer Day (HDD) adalah platform yang dirancang oleh Huawei untuk melakukan komunikasi yang lebih mendalam dengan para developer.  Platform ini merupakan wadah bagi para pengembang untuk meningkatkan kemampuannya dalam memberikan pelayanan dan mendekatkan mereka dengan tren industri terbaru terkait perangkat seluler. Melalui acara ini, Huawei juga memberikan pembaruan tentang bagaimana membangun dan mengembangkan ekosistemnya di Indonesia sejalan dengan HarmonyOS yang baru saja diluncurkan serta  bagaimana hal ini diproyeksikan guna memajukan gaya hidup cerdas para konsumen Huawei.

“Masyarakat Indonesia kini dapat semakin terhubung. Sebagai brand yang terus berusaha memberikan terobosan terbaru, Huawei telah melangkah untuk berperan dalam memberdayakan developer dan memfasilitasi mereka dengan kemampuan yang diperlukan dalam membangun ekosistem yang cerdas.” ungkap Patrick Ru, Country Head Huawei CBG Indonesia.

Dalam event Huawei Developer Day ini, Huawei juga mengungkapkan tentang perkembangan ekosistem Huawei Mobile Service (HMS). Kini, HMS telah semakin sempurna dengan berbagai pembaharuan, terutama di HMS Core 6.0 yang didukung HarmonyOS2 dan fitur yang tersertifikasi Huawei Developer Programme. HMS Core merupakan sebuah perangkat yang komprehensif dengan kapabilitas terbuka yang mendukung para developer untuk menghasilkan pengembangan yang efisien, cepat, serta monetisasi secara fleksibel.

Huawei dan para partner di Huawei Developer Day 2021

Saat ini, ekosistem pada HMS menduduki peringkat ke-3 di dunia dengan lebih dari 550 juta pengguna aktif, 4.5juta pengembang yang telah terdaftar, serta lebih dari 141.000 aplikasi yang telah terintegrasi. Struktur kerja terbaru yang dimiliki HMS Core 6.0 dan firmware HarmonyOS 2.0 bertujuan untuk mempermudah pengembang aplikasi dalam menerapkan sekaligus cara bagi Huawei dalam menawarkan ekosistem yang beragam kepada konsumen.

HMS Core 6.0 menawarkan kemampuan yang melingkupi 7 domain, yaitu 3D Modelling, AV Pipeline, Audio Editor, Video Editor, dan 5G Modern.

Melalui Huawei Developer Day, Huawei juga memberikan update terkait Huawei AppGallery. Sebagai aplikasi terbesar ketiga di pasar global, Huawei AppGallery tentu mengedepankan pengalaman global serta lokal bagi pengguna. Aplikasi teratas di seluruh APAC sudah tersedia di Huawei App Gallery. Hingga Q2 2021, Huawei AppGallery memiliki 550 juta pengguna aktif bulanan, 141 ribu aplikasi terintegrasi dengan HMS, dan 4,5 juta developer yang telah terdaftar.

Dalam kesempatan tersebut, partner-partner Huawei juga meng-update langkah-langkah bisnis mereka bersama Huawei. Partner seperti BCA, Vidio, dan Blubird saling berbagi pengalaman dengan penggunaan ekosistem Huawei.

Untuk BCA, terdapat beberapa aplikasi yang telah mengadopsi HMS, seperti BCA Mobile, Sakuku, eBranch BCA, dan myBCA. BCA Mobile telah dirilis di AppGallery sejak Februari 2020, dan mulai mengadopsi HMS Kit pada Maret 2020. Hingga pada Desember 2020, BCA Mobile telah mencapai 1 juta pemasangan di AppGallery.

Sementara itu, Vidio, sebagai salah satu layanan streaming video terkemuka di Indonesia, sekaligus menjadi mitra HMS sejak awal dan terus berkolaborasi bersama Huawei dalam berbagai kampanye pemasaran, termasuk peluncuran HUAWEI terbaru, yaitu MatePad T10 Kids Edition dan HUAWEI Matepad 11.

Hal yang sama juga dilakukan Bluebird. BlueBird telah mengimplementasikan 5 HMS Kit yang dilakukan hanya dalam waktu 10 hari, yang membuktikan bahwa adopsi HMS dapat dilakukan dengan cepat. Selanjutnya, kolaborasi antar BlueBird dengan Huawei akan dilanjutkan dengan merilis versi baru aplikasi BlueBird, yang terintegrasi dengan lebih banyak HMS Kit dan dapat menjelajahi navigasi pada perangkat Huawei Wearables.

“Kami selalu mengutamakan kepentingan pelanggan kami sebagai landasan dari setiap desain, pengembangan produk, dan pengalaman yang kami berikan. Kami tetap berkomitmen untuk menawarkan pengalaman teknologi terbaik kepada konsumen yang didukung oleh inovasi terdepan di industri, mulai dari produk dan perangkat lunak hingga layanan kami. Melalui inisiatif ini, kami berharap dapat menciptakan dunia yang sepenuhnya terhubung dan cerdas bagi pelanggan kami di Indonesia,” tutup Patrick Ru

 



COMMENTS