November 17, 2020

VMware dan Samsung Berkolaborasi Bantu Operator Lebih Siap Hadirkan Layanan 5G

Penulis: Iwan RS
VMware dan Samsung Berkolaborasi Bantu Operator Lebih Siap Hadirkan Layanan 5G  

Mobitekno – Kerja sama baru di bidang teknologi 5G dilakukan VMware dan Samsung belum lama ini untuk mendukung operator telekomunikasi atau CSP (communication service provider) dalam memenuhi kebutuhan jaringan 5G dan mempercepat peluncuran 5G di berbagai segmen bisnis.

VMware dan Samsung akan membantu para CSP mengoptimalkan seluruh portofolio telekomunikasi Samsung, mulai dari Core, Edge, hingga RAN (radio access network) untuk Containerised Network Function (CNF) dan Virtualised Network Function (VNF) dengan memanfaatkan VMware Telco Cloud Platform. Hadirnya teknologi 5G menjadikan teknologi cloud native yang disung pada VMware 5G Telco Cloud menjadi penting bagi para CSP agar dapat lebih fleksibil dan efisien mengimplementasikan berbagai aplikasi dan layanan di seluruh infrastruktur multi-cloud.

Seperti diketahui, portofolio dari VMware Telco Cloud antara lain adalah Telco Cloud Infrastructure, Telco Cloud Automation, Telco Cloud Platform, dan Telco Cloud Operations.

Dengan kolaborasi dengan Samsung, VMware Telco Cloud Platform, dalam hal ini VMware 5G Telco Cloud Platform (kombinasi Telco Cloud Infrastructure dan Telco Cloud Automation) akan ditandem dengan portofolio solusi/produk Samsung terkait 5G yang disebut tadi (core, edge, hingga RAN), seperti vRAN, 5G Core, MEC, Management, dan Analytics yang mencakup lingkup CNF (containerized network function) maupun VNF (virtualized network function).

Shekar Ayyar, Executive VP and GM, Telco and Edge Cloud Business Unit, Vmware, menyatakan bahwa infrastruktur 5G akan bergantung pada solusi VNF dan CNF dari berbagai platform mutakhir, seperti software-defined telco dan edge cloud platform.

“Kami sangat antusias dapat berkolaborasi bersama Samsung dalam menghadirkan solusi-solusi berkelas carrier melalui pendayagunaan portofolio VMware Telco Cloud secara optimal, sehingga CSP dapat meraih setiap momentum 5G yang hadir, sekaligus mampu mendukung mereka dalam bertransformasi menjadi inovator-inovator teknologi terkemuka,” tambahnya.

“Maraknya perkembangan jaringan 5G yang inovatif dan terbuka dalam mentransformasi industri saat ini, Samsung bersama VMware melihat peluang serta tingginya nilai yang bisa diraup dari menyuguhkan solusi berkelas carrier, sehingga memudahkan CSP dalam menggeluti teknologi cloud native serta dalam menghadirkan fungsi maupun layanan jaringan di jaringan 5G milik mereka dengan efisien, tentu dengan dukungan automasi,” ujar Wonil Roh, Senior VP and Head of Product Strategy, Networks Business, Samsung Electronics.

VMware dan Samsung saat ini mulai mengoptimalkan dan mempercepat kesiapan beragam solusi Samsung agar lebih terintegrasi dengan program VMware Ready for Telco Cloud. Harapannya, program ini akan dapat mendukung Samsung mempercepat proses onboarding dan menggelar berbagai layanan 5G ready-nya di atas VMware Telco Cloud Platform.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS