November 17, 2020

Berbasis Cloud, Entrust Perkenalkan Solusi Pembuatan Kartu Identitas Desktop ‘Direct to Card’ Terbaru

Penulis: Muhammad R
Berbasis Cloud, Entrust Perkenalkan Solusi Pembuatan Kartu Identitas Desktop ‘Direct to Card’ Terbaru  

Mobitekno – Saat ini, banyak perusahaan menghadapi tantangan keamanan: mulai dari transisi ke kegiatan operasional secara digital selama pandemi hingga mengatasi serangan siber yang meningkat di seluruh dunia. Tentu saja, mereka harus menjaga agar data yang tersebar di lingkungan perusahaan tetap aman dan terlindungi, termasuk data yang tersimpan dalam kartu identitas fisik.

Di dalam organisasi-organisasi tersebut, petugas yang menangani Manajemen Identitas dan Akses (Identity and Access Management) memerlukan solusi pencetakan kartu identitas yang tidak saja mudah diintegrasikan ke dalam kegiatan operasional, tetapi juga dapat terus dikembangkan sehingga bisa memenuhi kebutuhan perusahaan yang terus meningkat, serta memastikan data benar-benar aman.

Merespons hal tersebut, Entrust sebagai penyedia solusi perlindungan identitas, pembayaran dan data terpercaya, belum lama ini mengumumkan solusi Sigma Instant Desktop Issuance, sebuah solusi pembuatan kartu identitas direct-to-card yang inovatif untuk membuat kartu identitas fisik dan digital secara instan.

Dirancang untuk implementasi di cloud maupun di server yang terpasang di dalam perusahaan (on-premise), solusi Sigma menciptakan sebuah standar baru dalam pembuatan kartu identitas instan yang sederhana, aman, dan cerdas untuk digunakan di berbagai perusahaan, kantor pemerintah, lembaga pendidikan tinggi, dan lembaga keuangan.

“Dengan platform Sigma, kami bangga bisa memberikan solusi pembuatan kartu identitas melalui desktop yang terbaik di kelasnya. Sigma dirancang untuk bekerja sepenuhnya di lingkungan cloud dan aman,” kata Tony Ball, Senior Vice President and General Manager of Instant Issuance at Entrust.

Entrust

Berkat sistem Sigma pengguna bisa menjalankan proses pembuatan kartu identitas secara mulus, baik yang dicetak melalui desktop maupun smartphone atau tablet.

“Sistem Sigma siap untuk memenuhi beragam kebutuhan pembuatan kartu identitas saat ini dan, yang tak kalah penting, sistem Sigma akan terus dikembangkan untuk dapat mengatasi berbagai tantangan keamanan dan teknologi masa depan dengan aplikasi-aplikasi pencetakan yang tanpa batas,” ungkap Ball.

Dengan demikian, pengguna tidak perlu repot memasang printer yang terpisah. Selain itu, pengguna dapat menerapkan solusi ini untuk penggunaan-penggunaan yang tidak biasa (out-of-the-box) dan membutuhkan waktu kurang dari 30 menit untuk mulai mencetak kartu identitas.

Dengan sistem Sigma yang dilengkapi API berbasis cloud pengguna kini memiliki solusi pembuatan kartu identitas di cloud tanpa perlu menambah perangkat keras, sehingga mereka dapat mencetak kartu identitas, badge, dan kartu pembayaran fisik secara instan.

Sistem Sigma merupakan perangkat IoT terpercaya yang membantu berbagai organisasi/perusahaan memastikan agar data mereka tetap aman dengan jaringan dan konektivitas cerdas yang dapat memberikan perlindungan terbaik.

Berbagai kemampuan seperti tactile impressions, holographic, dan luster panel printing, printer Sigma akan mempersulit para pemalsu untuk mengubah atau menggandakan kartu identitas. Selain itu, fitur-fitur seperti inline magnetic stripe dan smart card encoding dapat mengamankan kartu Anda selama proses pencetakan kartu berlangsung.

Sistem Sigma menawarkan arsitektur keamanan paling canggih yang dapat menjaga agar data tetap terlindungi di setiap langkah proses pembuatan kartu identitas:

  • Koneksi terenkripsi: Koneksi dan data yang dikirim antara perangkat lunak dan printer aman dan terenkripsi. Printer sigma tidak menyimpan data pelanggan setelah proses pencetakan selesai.
  • Secure Boot: Fitur ini mencegah sistem Sigma melakukan booting ketika terdeteksi adanya malware atau ancaman keamanan lain.
  • Trusted platform module (TPM): Organisasi/perusahaan dapat menyimpan serta mengelola sertifikat dan kunci keamanan pengguna di dalam printer. Hal ini membuat printer menjadi perangkat Internet of things (IoT) terpercaya.

Karena banyak karyawan harus terus bekerja secara remote, sistem Sigma dapat memenuhi kebutuhan perusahaan yang tenaga kerjanya bekerja secara hybrid (bekerja di rumah dan di kantor secara selang-seling) melalui platform pembuatan kartu identitas fisik dan digitalnya. “Printer Dashboard” sistem Sigma sudah tersedia di perangkat smartphone atau tablet.

Dengan demikian, berbagai organisasi/perusahaan dapat mengelola printer dari mana saja, tanpa harus terhubung ke desktop. Dengan sistem Sigma, perusahaan-perusahaan juga dapat beralih ke proses pembuatan kartu identitas secara contactless, mulai dari pengiriman foto secara online hingga memvalidasi foto, mencetak kartu, dan akhirnya mengirimkan kartu tersebut kepada karyawan.

Selain itu, solusi Sigma untuk pembuatan kartu identitas di tempat (on-premise) dilengkapi dengan fungsi pendaftaran dari perangkat smartphone atau tablet. Dengan demikian, proses pembuatan kartu identitas bisa lebih fleksibel karena dapat dilakukan di beberapa lokasi dalam satu fasilitas. Sistem Sigma menggunakan teknologi Instant ID yang cerdas untuk menyederhanakan proses pencetakan dan menghilangkan alur kerja manual. Dengan demikian, proses pembuatan kartu identitas menjadi lebih sederhana, aman dan fleksibel.

Tags: , , , , ,


COMMENTS