November 17, 2020

Hyundai Motor Manufacturing Indonesia Umumkan Pemenang Start-Up Challenge

Penulis: Rizki R
Hyundai Motor Manufacturing Indonesia Umumkan Pemenang Start-Up Challenge  

Mobitekno – Sebuah program akselerasi untuk membantu para startup sosial dari PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI), yakni Hyundai Start-Up Challenge, secara resmi telah berakhir. Ada 4 pemenang dan 1 pemenang favorit dalam event kali ini. Mengusung taglin “The Better, The Bigger Impact”, event ini di dukung oleh berbagai pihak melalui kolaborasi dengan  Instellar, Seed’s, dan ICCN.

Lebih lanjut, Hyundai Start-up Challenge merupakan kegiatan yang berkelanjutan di bawah program CSR untuk menemukan dan membina wirausaha sosial muda dengan ide-ide inovatif serta solusi kreatif untuk sektor pendidikan, ketenagakerjaan, maupun lingkungan. Event tersebut telah dimulai sejak awal tahun ini dan berhasil mengumpulkan ratusan pendaftar. Tahun ini, Hyundai Start-Up Challenge 2020 telah menerima lebih dari 300 kiriman aplikasi dari peserta di seluruh Indonesia.

YoungTack Lee, President of Hyundai Motor Asia-Pacific Headquarters, mengungkapkan, “Hyundai selalu mempunyai tujuan untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan bagi seluruh masyarakat. Kegiatan ini merupakan komitmen kami guna mendukung program startup bagi wirausahawan lokal Indonesia. Kami telah melihat dampak yang positif dari setiap peserta program, dan kami akan terus mengadakan kompetisi ini untuk mengumpulkan startup berkualitas yang lebih banyak lagi di masa mendatang.”

Inilah pemenang lomba Hyundai Start-Up Challenge 2020, sebagai berikut:

  1. Wakhyu Budi Utami dari Rumah Mocaf yang akan menerima hadiah sebesar 500 juta rupiah.
  2. Galih Dandung Akbar G dari Pictafish yang akan menerima hadiah sebesar 300 juta rupiah.
  3. Andhika Mahardika dari Agradaya yang akan menerima hadiah sebesar 200 juta rupiah.
  4. Muhammad Thoyib dari Indigo Buru Baru yang akan menerima hadiah sebesar 200 juta rupiah.
  5. Dan pemenang favorit, Aminudi dari Biomagg Indonesia, yang akan menerima hadiah sebesar 5 juta rupiah.

Fadjar Hutomo, Deputi Bidang Industri dan Investasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), mengatakan “Sebuah anugerah atas kesempatan yang diberikan kepada masyarakat Indonesia, sehingga kita semua bisa berkumpul untuk menghadiri Hyundai Startup Challenge 2020 secara virtual kali ini. Saat berbicara tentang startup, kita berbicara tentang masalah. Masalah adalah aset atau harta bagi para pemula. Sebagai Deputi Industri dan Investasi, saya sangat menghargai inisiatif Hyundai Startup Challenge tahun ini,”

1

Pemenang pertama Start-Up Challenge, Wakhyu Budi Utami, Rumah Mocaf, menyampaikan kegembiraan dan terima kasih. Ia berkata, “Kami sangat senang dan berterima kasih kepada Hyundai Motor Manufacturing Indonesia yang menyelenggarakan tantangan ini. Dengan pendanaan ini, kami akan melanjutkan upaya untuk mewujudkan impian bahwa suatu saat Indonesia bisa memiliki kedaulatan pangan, khususnya singkong yang dapat mengangkat martabatnya,”

“Kami juga dibekali dengan bimbingan melalui kuliah singkat dari para ahli tentang bagaimana kami dapat bertahan untuk tetap mengelola bisnis di situasi pandemi. Keseluruhan proses kegiatan ini tentunya memberikan semangat lebih untuk menjadi lebih baik, dan memberikan dampak yang lebih besar bagi lingkungan sekitar.“ ujar Wakhyu.

Pemenang Start-Up Challenge dipilih berdasarkan komitmen mereka untuk berpartisipasi di seluruh program dan kemampuan untuk membuat rencana bisnis yang nyata dan dapat ditindaklanjuti. Sehingga bisnis yang dimiliki dapat menciptakan dampak yang lebih signifikan daripada yang telah mereka berikan kepada masyarakat, dimana hal tersebut mencakup pendidikan tentang lingkungan dan ketenagakerjaan.

Komitmen Hyundai menerapkan elektrifikasi mobilitas, baru-baru ini ditunjukkan dengan peluncuran mobil listriknya. Selain itu, Hyundai juga berusaha keras untuk mengatasi tantangan lalu lintas perkotaan dan menyoroti keunggulannya dalam bidang robotika; teknologi mengemudi otonom serta ruang lingkup bisnis mobilitas masa depan lainnya. Selain itu Hyundai juga memantapkan dirinya sebagai pelopor industri mobilitas masa depan. Hyundai telah menandatangani skema kolaborasi penelitian dan pengembangan dengan berbagai laboratorium inovasi terbuka di seluruh dunia.

Tags: , , , ,


COMMENTS