March 14, 2020

TikTok Sajikan Edukasi Menarik Tangkal COVID-19

Penulis: Muhammad R
TikTok Sajikan Edukasi Menarik Tangkal COVID-19  

Mobitekno – Baru-baru ini, pemerintah secara resmi mengumumkan bahwa virus Corona telah sampai di Indonesia. Novel Coronavirus 2019 atau disingkat nCOV-19 ini merupakan penyakit yang termasuk ke dalam golongan virus penyebab SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome) dan MERS (Middle-East Respiratory Syndrome). TikTok sebagai platform video singkat, mencoba mewadahi para pembuat video untuk memberikan edukasi dengan cara yang fun dan simple.

Donny Eryastha selaku Head of Public Policy, TikTok Indonesia, Malaysia and The Philippines memberikan komentar terhadap konten edukasi melawan Corona yang dibuat oleh beberapa kreator TikTok. “Kami sangat mengapresiasi para kreator yang punya kepedulian terhadap kondisi yang terjadi saat ini dan mau membagikan ilmu mereka melalui akun TikTok. Kami percaya, berbagai fitur yang ada di TikTok dapat membawa hal positif, seperti yang dilakukan oleh kreator-kreator tersebut.

Seperti apa keseruannya, berikut ini sajian dari mereka:

  1. Tanyakandokter

Pemilik akun bernama Tanyakandokter menjelaskan bahwa virus Corona adalah virus yang menyerang saluran pernapasan. Penularan virus ini melalui droplet, yaitu cairan hidung dan mulut yang keluar ketika batuk dan bersin. Gejala yang muncul ketika terserang virus Corona adalah batuk, disertai demam tinggi diatas 38 derajat, dan kesulitan bernapas, seperti yang dijelaskan di video berikut.

  1. Alodokter

Meski demikian, penyebaran virus Corona bisa diatasi dengan rajin mencuci tangan dengan cara yang tepat. Untuk itu, akun Alodokter memberikan tutorial tentang cara cuci tangan yang benar, meliputi telapak tangan, sela-sela jari, sampai dengan ujung kuku. Mau tau caranya? Tonton video berikut!

  1. HalodocID

Nah, setelah tau cara mencuci tangan yang benar, lalu kapan sebaiknya kita mencuci tangan? Akun HalodocID menganjurkan kita untuk mencuci tangan sesering mungkin, khususnya sehabis batuk atau bersin, setelah dari toilet, serta sebelum dan sesudah makan, seperti yang disampaikan dalam video berikut.

Tags: , , , ,


COMMENTS