May 8, 2020

Huawei Boyong Dua Seri MateBook Baru ke Tanah Air, Salah Satunya Dibanderol Rp 30 Jutaan. Apa Keunggulannya?

Penulis: Iwan RS
Huawei Boyong Dua Seri MateBook Baru ke Tanah Air, Salah Satunya Dibanderol Rp 30 Jutaan. Apa Keunggulannya?  

Mobitekno – Setelah meluncurkan dua produk terbaru (smartphone P40 series dan smartwatch Watch GT2e) pada bulan lalu (April 2020), Huawei Consumer Business Group (CBG) Indonesia tidak mau membuang-buang waktu dan meluncurkan produk baru untuk kategori laptop dan tablet di bulan April.

Beberapa waktu sebelumnya, Lo Khing Seng, Deputy Country Head Huawei Consumer Business Group Indonesia, sudah menjanjikan akan membawa beberapa produk non-smartphone-nya ke pasar Tanah Air.

Menurutnya, ekosistem Huawei akan lebih ditingkatkan dengan strategi 1+8+N, yaitu 1 adalah smartphone, disertai 8 merupakan produk lain, seperti PC, tablet, TV, audio. Adapun N mengacu pada produk smarthome, entertainment audio-visual, dan smart travel.

Janji tersebut terbukti dengan hadirnya dua notebook, yaitu Huawei MateBook X Pro dan MateBook D 14, serta tablet MatePad Pro di pasar Indonesia.

Sebagai perusahaan yang sangat fokus pada aspek teknologi, dua notebook dan satu tablet ini juga sarat dengan teknologi inovatif sekaligus berdesain elegan dan minimalis.

Huawei MateBook X Pro

Notebook Huawei MateBook X Pro yang berdesain sangat ramping (tebal 14,6 mm, berat 1,33 kg) menawarkan tampilan layar sentuh yang FullView, konsumsi daya, kinerja, dan konektivitas semua skenario mendukung konsumen untuk tetap produktif kapan saja dan di mana saja.

Layar LTPS 13,9 inci pada otebook ini sudah mendukung resolusi 3K (3000×2000 piksel) dan 100 persen gamut warna sRGB. Dukungan warna yang ‘melimpah’ dan resolusi 3K sangat membantu menampilkan konten yang realistis di layar dan memberikan pengalaman hiburan yang lebih mendalam bagi pengguna.

Selain itu, layar Ultra FullView juga mendukung 10-point multi-touch dan Fingers Gesture Screenshot untuk memberikan para pengguna cara baru yang lebih intuitif dalam berinteraksi dengan perangkat mereka.

Bodi Huawei MateBook X Pro berjenis unibody logam mesin CNC dengan hasil akhir sandblasted premium. Ini membuat lapisan eksteriornya lebih halus saat disentuh tangan.

Huawei MateBook X Pro baru dibekali prosesor Intel generasi ke-10, Core i7-10510U (4 core/8 thread) yang didukung RAM 16 GB dan storage SSD 1 TB. Sebagai pengolah grafisnya disematkan GPU NVIDIA GeForce MX250 (RAM 2GB GDDR5) yang menjamin MateBook X Pro dapat menjalankan beragam workload dari aplikasi multimedia dan gaming secara mulus.

Notebook ini yang diklaim bisa memutar video selama 13 jam ini juga dilengkapi dengan sistem audio quad speaker agar suara terdengar nyaring dan jelas.

Fitur keamanan pengguna juga dipikirkan oleh Huawei. Matebook X Pro dilengkapi dengan tombol power One-Touch Go yang dilengkapi dengan sesor sidikjari (sensor sidik jari menyatu dengan tombol power). Tidak ketinggal kamera tersembunyi pada keyboard yang baru akan muncul saat digunakan pengguna. Fitur ini dianggap penting menjaga privasi penggunanya.

Fitur yang juga berguna bagi pengguna smartphone adalah Huawei Share. Cukup dengan satu ketukan, smartphone dan notebook Huawei dapat terkoneksi tanpa Internet. Layar smartphone akan tampil di layar notebook sehinga pengguna dapat melakukan aktivitas, seperti saling mentrasfer/memindahkan atau mengedit file. Cukup dengan gesture ‘Drag and Drop’

MateBook X Pro yang dilengkapi dengan dua port USB Type C, satu port USB 3.0 dan jack audio 3,5 mm ini juga dilengkapi dengan sistem pendinginan (cooling system) cerdas. Secara dinamis, sistem pendinginnya dapat beralih ke mode aktif dan pasif untuk kinerja pendinginan yang efisien dan senyap. Terdapat juga dua Huawei Shark Fin Fans 2.0 menampilkan sirip yang lebih besar untuk menghasilkan output udara yang lebih tinggi.

Dengan sederet teknologi ini, MateBook X Pro yang menurut Edy Supartono, Training Director Huawei Consumer Business Group Indonesia ideal bagi pengguna eksekutif dan pembuat konten profesional akan ditawarkan seharga Rp 30,999 juta (JD.id dan eraspace.com).

Huawei MateBook D 14

Huawei juga meluncurkan notebook lainnya, yakni MateBook D 14 yang ditargetkan untuk pengguna kalangan muda yang biasanya membutuhan notebook portabeldan multifungsi.

Seperti juga bezel layar MateBook X Pro, bezel layar MateBook D 14 juga tipis (disebut borderless screen), yaitu hanya 4,8 mm dengan rasio screen-to-body dapat mencapai 84%. Dengan dimensinya yang kecil (322.5 x 214.8 x 15.9 mm), notebook berlayar 14 inci (FullView Display IPS FHD, Anti-Glare) ini menjadi salah satu yang terkecil dan teringan (1,35 kg) di kelasnya.

Yang menarik, Huawei memilih memakai prosesor/CPU mobile yang lagi naik daun belakangan ini, yaitu AMD Ryzen 7 3700U (4 core/8 thread) didukung RAM 8 GB dan storage NVMe SSD 512 GB yang realtif lebih cepat dari cepat dari SATA SSD umumnya. Sebagai GPU-nya (integrated), MateBook D 14 mengandalkan AMD RX Vega 10.

Dengan prosesor AMD Ryzen 7 3700U ini, MateBook D 14 diklaim terbaru dapat menjalankan beban (workload) berbagai aplikasi multimedia, seperti pengeditan gambar dan video, rendering model 3D, hingga gaming dengan lacar dan efisien.

Seperti juga MateBook X Pro, aspek keamanan juga dimiliki MateBook D14 didunakannya recessed camera yang muncul dari tombol keyboard saat digunakan dan fingerprint power button. Notebook ini juga sudah memakai desain Huawei Shark Fin 2.0 untuk sistem pendingin yang lebih efektif dan senyap.

Dengan sederet fitur dan performa yang mumpuni dari Matebook D14, Huawei mematok harga yang cukup menarik untuk kebanyakan kantong pengguna.

Tertarik menggunakan notebook yang siap menunjang Anda tetap produktif ‘work from home’ selama PSBB terkait wabah COVID-19? Matebook D14 tersedia dalam opsi warna Space Grey dan Mystic Silver akan dijual seharga Rp 11,5 juta melalui e-commerce JD.id dan eraspace.com.

Pemesan akan mendapatkan bonus senilai Rp 2,2 juta (Huawei Freelace, Backpack, akses gratis ke Office 365). Selama masa PO (pre-order), pembeli juga akan mendapatkan cashback hingga Rp 1 juta, layanan VIP 1, 1 tahun garansi, layanan online one-to-one, dan cicilan 0% hingga 24 bulan.

Tags: , , , , ,


COMMENTS