October 25, 2019

Nissan Meluncurkan Konsep Ariya di Tokyo Motor Show

Penulis: Rizki R
Nissan Meluncurkan Konsep Ariya di Tokyo Motor Show  

Mobitekno – Diperkenalkan di Tokyo Motor Show ke-46, konsep Ariya menjadi terobosan Nissan terbaru untuk crossover EV dengan motor listrik kembar, akselerasi kuat, dan teknologi bantuan pengemudi yang telah meraih penghargaan. Ini menandai awal era baru bagi Nissan dalam mendefinisikan ulang filosofinya untuk fase evolusi kendaraan bermotor yang selanjutnya.

Konsep Ariya memiliki kabin premium yang luas dengan fitur teknologi tinggi dan body yang menampilkan sifat murni dan bersih dari mobil listrik. Desain ini mewujudkan visi Nissan Intelligent Mobility untuk transportasi pribadi – yang memberikan pengalaman perjalanan yang mulus dan adaptif yang bebas kecelakaan atau emisi berbahaya melalui elektrifikasi dan kecerdasan kendaraan.

“Konsep Ariya merupakan kolaborasi yang kuat antara desain dan keahlian teknik. Ini adalah tahap selanjutnya dari bahasa desain masa depan Nissan, sejalan dengan era baru bagi perusahaan, yaitu tahap selanjutnya dari evolusi kami.” kata Yasuhiro Yamauchi, perwakilan eksekutif, Nissan Motor Co., Ltd., dalam siaran resmi yang diterima redaksi Mobitekno, Kamis (24/10).

Konsep Ariya mengangkat elemen desain yang pertama kali ditampilkan melalui konsep Nissan IMx di Tokyo Motor Show 2017. Elemen desain tersebut termasuk shield berciri khas V-motion elektrik yang berani dan bilah lampu belakang yang mencolok, overhang pendek, dan interior yang lebih terkesan seperti lounge daripada kabin kendaraan konvensional.

Meskipun merupakan kendaraan konsep, gaya berani dan elemen interior serta eksterior yang tidak konvensional dari crossover EV ini sangat mungkin diproduksi dalam waktu dekat. Konsep Ariya di Tokyo Motor Show berbagi panggung dengan Nissan IMk, mobil konsep komuter perkotaan EV yang telah diperkenalkan awal bulan ini. Kedua kendaraan tersebut berfungsi sebagai perlambang untuk visi baru Nissan atas identitas brand yang serba listrik.

Nissan ARIYA Concept

Dicirikan oleh konsep “ramping,” “sempurna” dan “seksi,” Ariya Concept Nissan menampilkan contoh-contoh bahasa desain baru ini di keseluruhan eksterior, termasuk fender depan lebar, lampu LED super tipis, serta pelindung depan (biasanya berupa grille pada kendaraan bertenaga bensin) yang dihiasi emblem Nissan yang telah disesuaikan. Shield menggabungkan pola geometris halus yang menampakkan diri ketika pencahayaan V-motion dinyalakan.

Fitur yang memperkuat profil kendaraan adalah roda-roda aluminium 21-inci five-blade dengan ban khusus. Garis atap yang rendah dan ramping memungkinkan kendaraan untuk mengurangi hambatan udara. Gaya belakang Konsep Ariya juga berbeda dari SUV tradisional, dengan C-Pillar yang menyapu tajam dan menyatu mulus ke dek belakang yang kekar. Bilah lampu one-piece dengan lensa yang digelapkan memanjang di body kendaraan. Lampu suar di fender belakang dan sayap belakang yang dipasang tinggi menampilkan kesan bertenaga.

Nissan ARIYA Concept 22 1200x675

Alfonso Albaisa, wakil presiden senior desain global Nissan, mengatakan, “Eksteriornya menyeimbangkan antara keindahan dinamis dan ‘ketajaman teknologi,’ dengan proporsi yang menunjukkan apa yang mungkin dilakukan dengan platform kendaraan listrik 100% Nissan,” kata Albaisa. “Overhang yang pendek, kabin besar, roda-roda besar, dan skema cat dua warna yang disesuaikan memberikan penampilan elegan yang seimbang antara sport dan kemewahan.

Nissan ARIYA Concept

Nissan Konsep Ariya

Tags: , , ,


COMMENTS