August 19, 2019

Google Cabut 85 Aplikasi Adware dari Google Play Store

Penulis: Desmal Andi
Google Cabut 85 Aplikasi Adware dari Google Play Store  

Mobitekno – Sejumlah aplikasi di Google Playstore kembali di evaluasi oleh Google. Menurut laporan terakhir Trend Micro, seperti dikutip dari AndroidCentral, ditemukan 85 aplikasi Android yang sarat dengan Adware di Google Play Store. Sebagian besar dari aplikasi tersebut menyamarkan diri menjadi aplikasi game dan fotografi dan telah di-download lebih dari delaapan juta kali.

“Kami menemukan contoh lain dari bentuk adware yang berpotensi merusak di Google Play. Trend Micro mendeteksi aplikasi ini sebagai AndroidOS_Hidenad.HRXH. Selain menggunakan iklan yang sulit di tutup, aplikasi ini juga memanfaatkan perilaku pengguna dan mampu menghindar dari proses deteksi,” kata Ecular Xu, Mobile Threat Response Engineer dari Trend Micro.

Kini, 85 aplikasi tersebut telah dicabut dari Google Play Store setelah mendapatkan laporan dari Trend Micro. Super Selfie, Cos Camera, Pop Camera, dan One Stroke Line Puzzle merupakan aplikasi paling populer di daftar aplikasi adware tersebut dan telah di-download oleh banyak pengguna smartphone.

Trend Micro juga menyebutkan bahwa aplikasi akan menyembuyikan icon mereka dan membuat jalan pintas di layar smartphone setelah di-install. Ini trik dari mereka untuk menghindar dari proses uninstall.

Tags: , ,


COMMENTS