June 25, 2018

Samsung Punya Paten Baru agar Layar Ponselnya 100 Persen Tanpa Bezel

Penulis: Iwan RS
Samsung Punya Paten Baru agar Layar Ponselnya 100 Persen Tanpa Bezel  

Mobitekno – Pertengahan tahun ini dan ke depan akan mulai disemarakkan dengan beberapa ponsel baru dengan layar penuh yang nyaris tanpa bezel atau lebih menjualnya disebut bezel-less smartphone.

Meskipun tren layar poni untuk mensiasati layar penuh belum mereda, saat ini sudah ada dua ponsel yang meluncur dengan layar true bezel-less’ yaitu Vivo NEX dan Oppo Find X.

Terlepas dari pro kontra solusi kamera dengan sistem mekanis (geser) dari kedua pabrikan Tiongkok tersebut, produsen lain pun tidak tingal diam. Samsung mungkin akan menjadi pabrikan berikutnya yang mengikuti tren layar bezel-less untuk diterapkan pada ponsel Galaxy seri mendatang (setelah Galaxy S9 series).

Indikasinya berasal dari dimenangkannya paten baru oleh Samsung terkait teknologi layar bezel-less 100 persen. Seperti apa cara Samsung mensiasati kamera, earpiece speaker, dan beberapa sensor yang biasanya ditempatkan di sisi depan (layar) belum diketahui secara pasti.

Samsung bezel-less screen patent

Yang pasti, Samsung sepertinya sudah memilki solusi efektif untuk mengatasi kendala teknis layar dengan bezel yang sangat tipis. BUkan hanya tanpa bezel, paten baru ini juga mengindikasikan layar yang bebas dari headphone jack dan notch (poni).

Menurut laporan Lets Go Digital, Samsung telah mendaftarkan paten untuk smartphone tersebut pada smartphone pada tanggal 24 Agustus 2017 yang kemudian disetujui pada tanggal 21 Juni 2018 oleh World Intellectual Property Office (WIPO).

Paten desain ponsel ini memilki empat strip yang dapat dipasangkan pada keempat sisi layar. Strip ini dapat dibuat dari bahan seperti logam, aluminium, atau bahkan kayu berpola yang memberi ruang untuk beragam aksesori tertentu yang dapat diganti-ganti oleh pengguna.

Kabarnya paten baru ini jug adapat diaplikasikan untuk TV, monitor, dan prduk lainnya yang memilki layar (display).

Tags: , , , ,


COMMENTS