January 22, 2018

Ini Solusi Opera untuk Menangkal Cyrptojacking

Penulis: Eko Lannueardy
Ini Solusi Opera untuk Menangkal Cyrptojacking  

Mobitekno – Cryptocurrency saat ini jadi topik hangat yang diperbincangkan. Tak hanya soal Bitcoin, tetapi juga proses penambangannya. Disinyalir, tak sedikit penambang yang memanfaatkan komputer atau smartphone orang lain untuk menambang cryptocurrency.

Terkait dengan hal itu, Opera merupakan salah satu pemain browser ternama di dunia telah menyisipkan fitur keamanan terhadap penambangan cryptocurrency. Tak hanya aplikasi browser untuk pengguna komputer, Opera juga meluncurkan fitur keamanan tersebut untuk Opera Mini dan Mobile.

Seperti ditegaskan oleh Jan Standal, VP Product Marketing Opera lewat rilis yang dikirim ke Mobitekno bahwa ketika seseorang menjelajah sebuah web, tak ada petunjuk visual yang menandakan bahwa perangkat yang digunakan benar-benar aman, terutama dalam kegiatan penambangan cryptocurrency.

“Satu halaman web yang dikunjungi oleh pengguna bisa menghabiskan 4,5 jam daya tahan baterai bila membiarkan web tersebut terbuka di browser. Seringkali, pengguna perlu untuk membuka aplikasi lain, seperti aplikasi transportasi online atau melihat kondisi lalu lintas terkini. Namun, jika kondisi baterai hampir habis, tentu sangat mengkhawatirkan,” ucap Jan Standal.

Berdasarkan beberapa laporan terbaru, ada lebih dari tiga juta website yang rawan terhadap cryptojacking (penggunaan perangkat komputer pengguna oleh orang lain secara rahasia untuk menambang cryptocurrency) sehingga kebutuhan untuk perlindungan ekstra menjadi lebih besar daripada sebelumnya.

Solusi yang disajikan oleh Opera adalah dengan memblokir scripts penambangan. Oleh karena ituOpera akan selalu memastikan smartphone pengguna tetap berjalan dengan lancar dan memiliki baterai yang cukup untuk hal yang betul-betul diinginkan atau yang perlu dilakukan.

Untuk memudahkan lebih mengetahui, apakah aplikasi browser yang pengguna pakai terpengaruh oleh penambangan cryptocurrency ilegal, Opera juga telah menyediakan sebuah website khusus. Pengguna cukup mengakses www.cryptojackingtest.com di mobile browser atau di desktop untuk memeriksanya.

Tags: , , , ,


COMMENTS