September 12, 2018

Hadir di Versi Lite, Fitur Community Help di Facebook Memudahkan Berkomunikasi Selama Bencana

Penulis: Rizki R
Hadir di Versi Lite, Fitur Community Help di Facebook Memudahkan Berkomunikasi Selama Bencana  

Mobitekno – Facebook sedang memperluas fitur Bantuan Komunitas ke versi Lite dari aplikasinya. Ini akan memungkinkan orang untuk menandai diri mereka “aman” dalam situasi krisis, berbagi pembaruan dan menemukan (atau menawarkan) bantuan.

Bantuan Komunitas (Community Help) dimaksudkan untuk mempermudah orang yang tinggal di daerah dengan konektivitas rendah dan ingin membantu korban bencana alam, seperti gempa, untuk menemukan penerima bantuan dan memberikan bantuan berupa makanan, tempat penampungan, hingga transportasi pasca bencana.

Community Help merupakan bagian dari Penanggulangan Krisis di Facebook di mana orang dapat memberitahukan keluarga dan kerabatnya bahwa mereka berada dalam keadaan aman pasca bencana yang terjadi, sekaligus memberi kesempatan kepada pengguna untuk mempelajari, dan membagikan informasi tentang apa yang sedang terjadi serta berkontribusi dalam proses pemulihan korban.

Berbagai kawasan di dunia masih memiliki jaringan yang sangat lambat dan tidak dapat diandalkan. Kondisi ini bisa menjadi semakin parah terutama pasca terjadinya bencana alam, saat komunikasi justru menjadi bagian penting dari proses penanggulangan bencana.

Facebook Lite dirancang agar pengguna tetap bisa mengakses Facebook di area dengan konektivitas rendah atau jaringan internet yang terbatas. Aplikasi ini telah digunakan di lebih dari 100 negara dan tersedia dalam 55 bahasa. Facebook Lite menggunakan data yang lebih sedikit, mudah diinstal, responsif, serta dapat digunakan di perangkat low-end pada jaringan yang lambat.

Community Help 1

Community Help

Facebook Crisis Response Product Manager, Jeong-Suh Choi: “Prioritas kami adalah membantu orang mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan selama proses penanggulangan bencana. Dengan menyediakan Community Help di Facebook Lite, kami berharap semakin banyak orang akan bisa mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan di tengah kesulitan akibat bencana.”

Awal tahun ini kami juga meluncurkan Pemeriksaan Keamanan di Facebook Lite untuk memberikan cara yang lebih mudah bagi orang dengan konektivitas rendah agar bisa memberitahukan keluarga dan kerabatnya bahwa mereka berada dalam keadaan aman pasca terjadinya bencana.

Tags: , , , ,


COMMENTS