October 8, 2018

Facebook Ingin Melacak Lokasi Anda Secara Akurat via Instagram

Penulis: Rizki R
Facebook Ingin Melacak Lokasi Anda Secara Akurat via Instagram  

Mobitekno – Bila saat ini Anda takut Facebook akan mengubah Instagram menjadi mesin uang –setelah pendiri Instagram keluar, maka sebagai langkah awal ialah Anda harus memastikan dapat mengendalikan dan menangani data pribadi Anda. Mengapa? Pasalnya, kini Facebook ingin mengetahui riwayat lokasi Anda dari Instagram untuk mengirimkan iklan bertarget di dalam Facebook.

Berita ini berasal dari TechCrunch yang mengungkapkan rincian tentang fitur Instagram yang belum pernah dirilis sebelumnya yang kemudian ditambahkan ke aplikasi.

Instagram sudah membuat prototipe pengaturan privasi baru yang akan membiarkan Facebook juga mendapatkan lokasi Anda. Yang mengganggu adalah bahwa koordinat GPS Anda yang akurat akan dikumpulkan oleh Instagram bahkan ketika Anda tidak menggunakan aplikasi. Dengan cara itu, Facebook memiliki gagasan tentang jenis lokasi apa yang sering Anda kunjungi dan jenis iklan apa yang memungkinkan untuk Anda klik

Masih belum jelas kapan dan apakah prototipe ini akan diluncurkan, tetapi TechCrunch melaporkan hanya masalah waktu sampai Location History (riwayat lokasi) diperkenalkan. Opsi ini dapat ditemukan didalam pengaturan Privasi dan Keamanan. Anda bisa mematikan ini jika Anda tidak ingin lokasi Anda dibagikan dengan Facebook.

Facebook mengatakan, “Untuk mengonfirmasi, kami belum memperkenalkan pembaruan ke pengaturan lokasi kami. Seperti yang Anda ketahui, kami sering mengerjakan ide yang mungkin berkembang seiring waktu atau akhirnya tidak diuji atau dirilis. Instagram saat ini tidak menyimpan Riwayat Lokasi; kami akan terus memperbarui orang-orang dengan setiap perubahan pada pengaturan lokasi kami di masa mendatang.”

Prototipe Riwayat Lokasi bisa Anda pasang ke “nonaktif” secara default, namun sebenarnya tidak ada jaminan bahwa setelan “nonaktif” akan diikutsertakan saat fitur tersebut diluncurkan. Bahkan, akan mengejutkan bila fitur ini tidak menyediakan pilihan “nonaktif” pada saat diluncurkan nanti.

Sejauh ini, Facebook tengah mengalami tahun yang berat; menghadapi pengawasan atas bagaimana ia menangani data pengguna dari Cambridge Analytica, dan masih harus mengatasi fenomena berita palsu. Kemudian, sepekan lalu, Facebook mengakui pelanggaran keamanan besar-besaran yang memaksa perusahaan untuk menandatangani sekitar 50 juta pengguna dari aplikasi.

Di atas itu, Facebook sekarang harus mempertahankan diri terhadap kontroversi Instagram dan WhatsApp. Co-founder WhatsApp ‘cabut’ diawal tahun ini, dengan alasan bahwa ia meninggalkan perusahaan karena bentrokan tentang memonetisasi aplikasi. Kini, dua pendiri Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger, meninggalkan ketidaksepakatan dengan Mark Zuckerberg “tentang berkurangnya otonomi aplikasi mereka dalam perusahaan Facebook”.

Tags: , , , ,


COMMENTS