June 5, 2018

Tetap Murah, Apa Saja Fitur Baru dan Peningkatan yang Diusung Mi Band 3?

Penulis: Iwan RS
Tetap Murah, Apa Saja Fitur Baru dan Peningkatan yang Diusung Mi Band 3?  

Mobitekno – Selain tiga smartphone flagship Mi 8 series (Mi 8, Mi 8 Explorer Edition, Mi 8 SE), Xiaomi juga memperkenalkan smartband (fitness tracker) paling populer di pasar global, Mi Band 3.

Peluncuran resmi Mi Band 3 di ajang Shenzhen, Cina pada akhir Mei lalu (31/5/2018) cukup lama dinantikan pengguna setia wearable device tersebut mengingat seri sebelumnya, Mi band 2 sudah dirilis sejak dua tahun lalu.

Mi Band 3 meneruskan tradisi Xiaomi menghadirkan smartband terjangkau untuk pasar global. Sejak pertama kali diperkenalkan empat tahun lalu (2014), beberapa produk penerus Mi band telah digulirkan Xiaomi. Mulai dari Mi Band generasi pertama (Mi Band 1), disusul Mi Band 1S, dan akhirnya Mi Band 2 di tahun 2016 lalu.

Xiaomi Mi Band 3

Meskipun desainnya tidak mengalami banyal perubahan signifikan, Mi Band 3 menawarkan sejumlah peningkatan dalam beberapa aspek. Mulai dari layar dan resolusinya yang kini lebih besar (OLED 0,78 inci, resolusi 128 x 80 piksel) hingga kapasitas baterai 110 mAh yang lebih besar dari versi sebelumnya.

Dengan kapasitas baterai 2x lebih besar dari Mi Band 2 ini, Xiaomi mengklaim Mi Band 3 dapat digunakan selama 20 hari. Selain fitur fitness tracker-nya yang bekerja tanpa masalah, baterainya yang awet menjadi salah satu faktor smartband ini banyak disukai konsumen.

Selain peningkatan ukuran layar dan daya tahan baterai, fitur baru yang selama ini banyak dituntut pengguna Mi Band akhirnya juga dihadirkan Xiaomi. Fitur tersebut adalah fasiltias untuk menjawab panggilan telepon langsung dari smartband itu tanpa harus menyentuh atau mengambil smartphone.

Bukan itu saja, Mi Band 3 yang berstandar IP67 (dapat dipakai hingga kedalaman 50 meter) dan mendukung NFC ini juga dapat menampilkan pesan teks dari smartphone yang terhubung pada layar smartband tesebut.

Xiaomi Mi Band 3

Seperti seri terdahulu, Mi Band 3 juga masih menyediakan fasiltias untuk memantau kondisi tidur, sensor detak jantung, dan beberapa indikator lainnya. Untuk terhubung dengan smartphone (iOS dan Android), Mi Band sudah menggunakan koneksi nirkabel Bluetooth 4.2 LE. Sudah pasti fitur layar yang otomatis hidup saat dihadapkan ke wajah juga tetap masih disertakan Mi Band 3.

Di pasar Cina, varian Mi Band 3 dengan NFC akan dibanderol seharga 167 Yuan (sekitar US$ 30), sedangkan varian tanpa NFC akan dibanderol sekitar US$ 25. Saat peluncuran, gelang atau strap Mi Band 3 akan tersedia dalam tiga pilihan wana, yaitu merah, hitam, dan biru. Siap mengganti Mi Band lama Anda? Tunggu saja dalam beberapa bulan mendatang.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS