July 21, 2017

Cinta Lingkungan, Tata Motors Perkenalkan Mesin Berbahan Bakar Bio-Methane

Penulis: Iwan RS
Cinta Lingkungan, Tata Motors Perkenalkan Mesin Berbahan Bakar Bio-Methane  

MOBITEKNO – Tata Motors, perusahaan otomotif asal India dikenal dengan serangkaian kendaraan niaga dan bus. Belum lama ini, Tata Motors memperkenalkan desain mesin terbarunya berbahan bakar bio-methane, 5.7 SGI dan 3.8 SGI, yang dipruntukkan untuk bus LCV (Light Commercial Vehicle), ICV (Intermediate Commercial Vehicle), dan MCV (Medium Commercial Vehicle).

Salah satu bus yang memakai bahan bakar yang disebut juga bio-CNG (Compressed Natural Gas) ini adalah Tata LPO 1613. Adapun mesinyang diguakan adalah 5.7 SGI.

Girish Waugh, Head Commercial Vehicles Business Tata Motors menyebutkan bahwa Tata Motors mencoba merintis teknologi baru di industri kendaraan komersial sebagai bagain dari solusi untuk mewujudkan smart city.

"Kami senang dapat menyajikan inovasi dalam teknologi bahan bakar alternatif, untuk menuju negara yang lebih 'green' atau ramah lingkungan. Penggunaan Bio-CNG akan berkontribusi positif terhadap smart city karena dianggap sebagai salah satu opsi terbaik untuk pengelolaan sampah basah,” ujar Girish Waugh.

Menurut Rajendra Petkar, Head Power System, Engineering, Tata Motors, bahan bakar bio-methane diproduksi dari bahan-bahan tumbuhan yang dapat terdegradasi, seperti limbah dapur. Bahan bakar gas ini biasanya dihasilkan dari proses degradasi alami yang selama ini kurang terpakai (dilepaskan ke atmosfir). Namun, jika ini 'ditangkap' dan digunakan untuk mesin, selain mengurangi polusi lingkungan juga bermanfaat karena menghasilkan energi yang bisa digunakan untuk kendaraan.

 

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS