January 19, 2017

Harga 9,5 Jutaan, Asus X550IU Jadi Laptop Gaming Pertama di Indonesia dengan GPU AMD Polaris

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Harga 9,5 Jutaan, Asus X550IU Jadi Laptop Gaming Pertama di Indonesia dengan GPU AMD Polaris  

MOBITEKNO – Pasar notebook/laptop memang relatif tidak meningkat beberapa tahun belakangan ini. Namun, jika kita berbicara segmen laptop gaming ceritanya akan berbeda. Animo besar dari konsume akan laptop jenis satu ini terindikasi dari banyaknya pilihan notebook gaming di pasaran, mulai dari segmen pemula (entry-level) hingga kelas high-end seharga puluhan juta.

Membuka tahun 2017, AMD bersama ASUS meluncurkan notebook gaming terbaru Asus X550IU yang diposisikan sebagai entry level laptop gaming dengan harga yang relatif terjangkau yaitu Rp 9,5 juta.Highlight dari laptop gaming ini adalah diusungnya chip graphics terbaru AMD dengan arsitektur Polaris, yaitu Radeon RX 460. Bisa disebut, Asus X550IU merupakan laptop gaming pertama di Indonesia yang ditawarkan dengan GPU berbasis Polaris. 

Asus X550IU diperkuat prosesor AMD APU (Bristol Ridge 7th APU Generation) FX-9830P (3.0 – 3.7 GHz, TDP 35 W), chip graphics AMD Radeon Polaris Radeon RX 460 (4 GB GB GDDR5), dan RAM DDR4 berkapasitas 8 GB (single channel) yang bisa di-upgrade hingga 16 GB (dual channel). Untuk media penyimpanan, Asus X550IU sudah mengusung hard disk berkapasitas 1TB dan media optical drive DVD-RW 8x.

""

""

""

Sebagai notebook pertama di Indonesia yang mengusung chip graphics Radeon RX 460 berarsitektur Polaris, menurut Armawati, Central Business Development Manager AMD Consumer Business Indonesia, chip Radeon RX 460 di dalamnya bukanlah varian mobile dari saudaranya di desktop. Namun, chip Radeon RX 460 ini sudah benar-benar mengusung fitur sama seperti GPU desktop RX 460 dengan sedikit penyesuaian pada konsumsi daya.

Arsitektur Polaris pada Radeon RX 460 yang diproduksi dengan proses FinFET 14 nm ini sudah dirancang untuk menjalankan berbagai jenis game 3D pada resolusi HD atau lebih tinggi dengan tampilan jernih, mulus atau bebas lagging dan stuttering.

Selain itu, FX-9830P juga sudah mendukung fitur-fitur penting dalam gaming 3D dan multimedia, seperti dukungan format HEVC, API DirectX 12, fitur Frame Rate Target Control (FRTC), Virtual Super Resolution (VSR), dan masih banyak lainnya.

""

Menurut Juliana Cen, Country Product Group Leader, ASUS Indonesia, “Dalam jajaran APU AMD, prosesor FX-9830P merupakan yang terbaik. Untuk itu, kami memilih prosesor tersebut untuk memperkuat notebook entry gaming terbaru kami yang bertenaga.

Selain layak digunakan untuk gaming, ASUS X550IU juga ideal untuk digunakan untuk menjalankan aplikasi non-gaming, seperti aplikasi multimedia atau aplikasi produktif lainnya.

Menariknya, menurut Juliana, laptop ini membawa fitur instan-on (dari kondisi sleep) hanya dalam waktu 2 detik. Sangat praktis bagi pengguna yang kerap melakukan berbagai pekerjaaan sekaligus (multitasking). Desain bodi ASUS X550IU juga terlihat lebih elegan dan ergonomis. Dibandingkan laptop ASUS X-series sebelumnya, X550IU diklaim lebih tipis 5 persen.

""

Laptop berlayar 15,6 inci (Full-HD, 1920 x 1080 pixel) juga mengusung beragam fitur menarik bagi penggunannya (gamer). Seperti misalnya Ice Cool Technology (menjaga area telapak tangan tidak terlalu panas), FreeSync, DirectX 12, AMD Advance Power Management (APM) untuk mengatur prosesor agar bekerja lebih efisien (hemat baterai baterai).

Pembeli laptop ASUS X550IU yang sudah tersedia di pasar Indonesia seharga Rp 9.499.000 ini juga akan mendapat bonus game gratis dari AMD. AMD menawarkan  promo ekslusif berupa gratis game yang bisa dipilih di www.AMD.com/AMDGamepromo. Salah satu pilihan game gratisnya adalah Civilization 6 yang pernah menjadi game paling favorit di Steam. Promo ini berlaku hingga 31 Agustus 2017. Tertarik memilki laptop gaming pertama Anda di tahun 2017? ASUS X550IU bisa menjadi salah satu pilihan Anda.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS