April 15, 2017

Rekaman Video Smartphone yang Goyang Kini Bisa Diperbaiki dengan Google Photos. Ini Caranya!

Penulis: Iwan RS
Rekaman Video Smartphone yang Goyang Kini Bisa Diperbaiki dengan Google Photos. Ini Caranya!  

MOBITEKNO – Koleksi video yang terlihat ‘goyang’ saat direkam dengan smartphone kini dapat diperbaiki menggunakan aplikasi Google Photos. Versi terbaru (versi 2.13) aplikasi untuk menyimpan dan berbagai foto/video dari Google tersebut kini menyertakan fitur baru untuk menstabilkan video agar lebih nyaman dilihat mata.

Fitur ini akan berguna bagi pengguna smartphone yang tidak memiliki fungsi stabilization khusus (berbasis hardware) tapi kerap merekam video saat bergerak atau tidak menggunakan tripod/monopod khusus.

Cara menstabilkan video yang terlihat goyang tersebut cukup mudah. Buka file video yang ingin distabilkan, pilih fungsi edit (tombol pensil) diikuti dengan menekan/men-tap tombol ‘Stabilize’ dan tunggu beberapa saat.

""

Selanjutnya, aplikasi ini akan bekerja di ‘balik layar’ untuk menstabilisasikan video tersebut frame demi frame-nya. Setelah prosesnya selesai (lama proses bergantung durasi video dan kecepatan prosesor), video akan terlihat jauh lebih stabil, pada terutama pada video dengan adegan-adegan bergerak.

Seperti halnya fitur video stabilization yang ada pada YouTube, video akan mengalami proses cropping yang terjadi pada proses stabilization secara digital (software).

Ingin melihat seefektif apa fungsi stabilization ini, dua video dari kanal YouTube Daniel Stone berikut ini bisa menjadi petunjuk bagi Anda.


 

Tags: , , , , ,


COMMENTS