March 3, 2017

Ini Lho 5 Perbedaan Canon EOS M5 dan Canon EOS M6

Penulis: Desmal Andi
Ini Lho 5 Perbedaan Canon EOS M5 dan Canon EOS M6  

MOBITEKNO – Canon melalui PT Datascrip baru saja merilis kamera mirrorless terbarunya, Canon EOS M6. Kamera ini hadir dengan prosesor DIGIC 7 dengan sensor CMOS APS-C 24.2 Megapiksel, serta sudah memiliki teknologi Dual Pixel CMOS AF terbaru. Dilihat dari spesifikasinya, hampir tidak ada  yang berbeda jika dibandingkan seri EOS M5 yang dihadirkan Canon ke Indonesia pada tahun 2016 lalu di Gili Trawangan. 

Jadi, apa bedanya antara Canon EOS M6 yang baru saja hadir dengan Canon EOS M5? Berikut ini, berdasarkan dari Mirrorlesscomparison, ada lima perbedaan yang bisa dirasakan langsung oleh pengguna kamera Canon. 

Ukuran dan Bobot
Kamera mirrorless Canon EOS M6 hadir dengan ukuran 112 mm x 68 mm x 44,5 mm dengan bobot 390 gram. Jika dibandingkan dengan Canon EOS M5, ukurannya lebih portabel. Begitu juga dengan bobotnya, sedikit lebih ringan. Canon EOS M5memiliki dimensi 115,6 mm x89,2 mm x 60,6 mm. Sementara bobot EOS M5 adalah 427 gram. 

Desain
Dari sisi desain, beberapa fungsi yang berada di bagian atas kamera juga memiliki perbedaan. Pada EOS M5 yang ditujukan untuk target yang lebih profesional, tampil dengan pop-up flash tepat di bagian tengah atas dan terlihat menonjol. Sementara EOS M6 ada di bagian kiri dengaan bentuk flat. Dengan posisi seperti ini, sudah jelas pada EOS M6, tombol mode ada di bagian kanan (EOS M5 ada di bagian kiri). Di bagian tombol mode ini, EOS M6 juga memiliki satu opsi lebih banyak dibandingkan EOS M5 untuk fungsi yang bisa di-custom.

"" 

Electric Viewfinder
Perbedaan yang jelas sekali terlihat dari EOS M5 dan EOS M6 adalah tidak adanya viewfinder bawaan (built-in) di EOS M6. Namun,  hal ini bisa diakali dengan penambahan electronic Viewfinder EVF-DC1 atai EVF-DC2 yang bisa dipasangkan melalui hot shoe. 

""

LCD Belakang
Kedua kamera, baik EOS M5 maupun EOS m6 memang dibekali dengan LCD screen di belakangnya dengan teknologi ClearView II Touchscreen. Namun, walau terlihat sama, tetapi sebenarnya memiliki spesifikasi yang ahgak berbeda. Pada EOS M6, LCD memiliki ukuran 3 inci dengan 1.040K dots di layarnya. Sementara pada EOS M5 LCD-nya berukuran 3,2 inci dengan 1.620K dots di dalamnya. 
Selain itu, pada fungsi tiltnya juga dibedakan oleh Canon. Pada EOS M6, fungsi LCD tilt-nya memilii kemampuan putar 180 derajat ke atas dan 45 derajat ke bawah. Sementara pada EOS M5 memiliki kemampuan putar 85 derajat ke atas dan 180 derajat ke bawah. 

""

Harga
Sudah pasti karena target EOS M5 ke fotografer yang lebih profesional, harganya pun lebih tinggi dari EOS M6. Untuk body only saja, EOS M5 dibanderol dengan harga Rp 14,2 juta. Sementara EOS M6 memiliki harga lebih murah, yaitu Rp 12,5 juta. Harga ini berbeda lagi jika ibarengi dengan paket lensa. 

Sumber: Mirrorlesscomparison

Tags: , , , , ,


COMMENTS