April 2, 2017

Letak Sensor Sidik Jari di Samping Kamera, Sebaiknya Pegang Galaxy S8 dengan Tangan Kanan

Penulis: Iwan RS
Letak Sensor Sidik Jari di Samping Kamera, Sebaiknya Pegang Galaxy S8 dengan Tangan Kanan  

MOBITEKNO – Salah satu fitur yang mulai wajib dihadirkan pada smartphone adalah pemindai sidik jari atau fingerprint scanner. Makin maraknya pembayaran digital membuat peranan fingerprint scanner sebagai sistem sekuriti yang mudah dan aman menjadi penting untuk disematkan pada smartphone.

Begitu pula halnya dengan Samsung yang juga menyertakan fitur fingerprint scanner pada Galaxy S8/S8+ terbaru. Samsung bahkan sudah menyertakan fitur ini sejak merilis Galaxy S5 pada tiga tahun lalu.

Berbeda dari seri Galaxy terdahulu yang fingerprint scanner-nya berada di sisi depan (bawah layar), Samsung untuk pertama kalinya menempatkan scanner tersebut di sisi belakang Galaxy S8/S8+. Apa alasan Samsung untuk akhirnya  memilih posisinya di belakang, bukan di depan seperti sebelumnya? 

Alasan Samsung paling logis memindahkan posisi fingerprint scanner ke sisi belakang adalah komprominya terhadap layar S8 yang kian jenjang (memanjang) dengan aspect ratio (AR) 18,5:9. Tombol navigasi capacitive (Home, Menu, Back) pun kini dikonversi menjadi tombol on-screeen (soft-button) di atas layar.

Penempatan fingerprint scanner di sisi belakang sah-sah saja dilakukan Samsung, seperti juga yang dilakukan banyak produsen smartphone lain. Persoalannya, Samsung tidak menempatkan fingerprint scanner di posisi tengah, tapi berada di sebelah kanan modul kamera dari pandangan orang yang melihat atau sebelah kiri modul kamera jika dilihat dari pandangan pengguna.

Penempatan fingerprint scanner di sebelah modul kamera yang tidak lazim ini punya dua dampak tersendiri (jika tidak boleh dikatakan negatif) bagi pengguna. Dampak pertama, lensa kamera akan mudah kotor karena tersentuh ujung jari saat ingin mengakses fingerprint scanner.

Ini bisa dihindari jika pengguna secara dispilin menggerakan ujung dari dari tepi bodi smartphone secara perlahan hingga menyetuh fingerprint scanner. Namun, gestur (gesture) jari seperti ini relatif kurang praktis. Kalah praktis jika posisi scanner berada di tengah-tengah dan di bawah kamera.

Lalu apa dampak keduanya? Akibat posisi scanner di sisi kanan kamera, gestur jari untuk menyetuh scanner akan lebih nyaman dilakukan jika pengguna menggenggam S8/S8+ dengan tangan kanan ketmbang tangan kiri.

Jari telunjuk (untuk menyentuh scanner) yang cenderung mendatar (horizontal) akan lebih mudah menyetuh scanner jika posisi berada lebih dekat dengan scanner. Oleh karena itu, jari telunjuk kananlah (tangan jkanan) yang lebih nyaman digunakan daripada jari telunjuk kiri (tangan kiri). Lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

""

Mengakses fingerprint scanner Galaxy S8/S8+ akan lebih nyaman bagi jari telunjuk jika digunakan dengan tangan kanan.

""

Terlihat di sini bagaimana jari telunjuk tangan kiri harus lebih jauh bermanuver untuk dapat mengakses fingerprint scanner.

Bagi Anda yang penasaran ingin mengatahui alasan Samsung menempatkan fingerprint scanner di samping kamera harus menunggu penjelasan resmi dari raksasa elektronik tersebut. Kabar yang beredar, keputusan menempatkan scanner di posisi yang tidak lazim tersebut dilakukan sebagai konsekuensi batalnya implementasi teknologi fingerprint scanner di layar.
Rumor lainnya, posisi scanner di samping kamera (bukan di tengah) terpaksa dipilih karena keterbatasan desain logic board yang sudah terlanjur dibuat. Lokasi scanner di samping kamera ini juga berdampak pada batalnya Samsung menghadirkan kamera ganda (dual camera) yang sudah menjadi tren saat ini.

Apa alasan sebenarnya hingga posisi fingerprint scanner ditempatkan di posisi yang kurang lazim ini? Pastinya hanya Samsung yang bisa menjawabnya. Boleh jadi alasan sebenarnya juga tidak akan pernah sampai ke telinga publik.

Tags: , , , , ,


COMMENTS