January 28, 2016

Tak Hanya Emas, BitCoin Pun Kini Punya Tambang

Penulis: Elizabeth Swanti
Tak Hanya Emas, BitCoin Pun Kini Punya Tambang  

MOBITEKNO – Kini tak hanya mineral atau bahan alam saja yang bisa memiliki tambang. Kepopuleran BItCoin sebagia mata uang digital ditambah dengan dipertimbangkannya masuk dalam perdagangan dunia, membuat sejmlah perusahaan melirik bagiamana membuat tambang BitCoin, salah satunya adalah BitcoinMinersUK. Perusahaan digital asal London, Inggris ini selama 6 bulan terakhir menyempurnakan BMUK-5 dan BMUK-10, Hardware Tambang BitCoin mereka sebelum akhirnya resmi merilis pada awal tahun ini.

BMUK-5 menghasilkan 5 THS (5000 Ghs) dari hasing Power, menggunakan 1.250 Watt di bagian dindingnya dengan efisiensi 0,24 Joule per Giga-Hash. Hardware ini bahkan telah menggunakan asic chip 166 28nm. Sementara, BMUK-10 menghasilkan dua kali lipat dari BMUK-5 namun lebih memadai sebagai sistem pendingin dalam 4 U Rack Case Mountable dengan energi hingga 4000W. BitCoinMinersUK memilih area ‘tambang’ di Islandia yang memungkinkan penggunaan listrik yang berada di bawah sepertiga dari harga di Inggris. Ini berarti mereka bisa memberikan layanan yang lebih terjangkau untuk pelanggan mereka seraya dan menjalankan penambangan untuk hasil yang lebih banyak sebelum bisnis ini menjadi usang. Disisi lain, area ini juga memungkinkan penambang memproduksi sekitar setengah suara sehingga tidak mempengaruhi orang atau penduduk yang tinggal di dekatnya.

Dalam rilis resminya, setelah BMUK-5 dan BMUK-10, BitcoinMinersUK menyatakan berencana meluncurkan penambangan yang akan memanfaatkan 20nm chip ASIC yang akan meningkatkan efisiensi dan profitabilitas BitCoin. Keputusan untuk membuat ‘tambang’ sendiri ini didasari keinginan BitCoinMinerUK untuk memberikan harga yang lebih kompetitif dan independen dari pemasok mereka, serta memutuskan sudah waktunya untuk membangun perangkat keras mereka sendiri.

Tags: ,


COMMENTS