July 26, 2016

Setelah Raih 2 Juta Pelanggan, Ini Target BOLT! Hingga Akhir 2016

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Setelah Raih 2 Juta Pelanggan, Ini Target BOLT! Hingga Akhir 2016  

MOBITEKNO – Setelah berhasil merangkul satu juta pelanggan di tahun 2015 lalu, BOLT! 4G Ultra LTE (disingkat BOLT!) kembali mengulang kesuksesannya selama kurang lebih setahun kemudian. Menutup kuartal pertama 2016 ini, layanan broadband 4G LTE pertama di Indonesia yang bernaung di bawah PT. Internux belum lama ini (29/6/2016) melaporkan pertumbuhan jumlah pelanggannya yang telah menyentuh angka 2 juta pelanggan sejak pertama kali diperkenalkan dua tahun lalu (2014).

Hal ini menurut Billy Abe, Chief Product Officer BOLT!, mengindikasikan besarnya minat konsumen terhadap kualitas layanan 4G LTE BOLT!, baik menyangkut kecepatan, jangkauan, dan value-nya. Di tengah persaingan ketat berbagai layanan 4G LTE di Indonesia, BOLT! memperkuat posisinya dengan menyediakan layanan mobile internet berkecepatan tinggi dan stabil secara konsisten bagi pelanggan dengan berbagai keuntungannya (disebutnya Ultra Benefits).

Billy Abe, Chief Product Officer BOLT!, menyambut raihan pelanggan ini menyatakan, “Apabila BOLT! Dibandingkan dengan operator lainnya (dalam berbagai aspek), kami tidak ada apa-apanya. Meski relatif kecil, kami masih dapat bersaing dengan operator besar.”.

BOLT! semakin yakin akan pertumbuhan layanannya di masa mendatang mengingat kian meluasnya adopsi smartphone 4G di berbagai kota di Indonesia. Selain itu, jumlah pemakai mobile Internet mengalami peningkatan yang pesat.

"Kami melihat peluang besar bagi pertumbuhan layanan BOLT!. “Tahun ini, kami fokus dalam menyediakan layanan dan produk yang inovatif, serta memberikan akses mobile internet lebih cepat demi kepuasan pelanggan,” tegas Billy.

Meski sudah meraih dua juta pelanggan dalam dua tahun operasinya, BOLT! kembali memasang target jumlah pelanggan baru hingga akhir 2016 nanti. Untuk mewujudkan sasarannya meraih jumlah 2,6 juta pelanggan di akhir tahun, beberapa strategi pun disiapkan oleh BOLT! .

Selain terus memperbaiki infrastruktur dan kestabilan layanannya, strategi yang disiapkannya antara lain berkaitan dengan menghadirkan tiga paket layanan baru, meningkatkan jumlah pelanggan pascabayar (postpaid) dan pelanggan di usia 15 hingga 35 tahun.

Menurut Dicky Moechtar, Presiden Direktur PT. Internux, rasio antara jumlah pelanggan prabayar (prepaid) dan pascabayar (postpaid) masih terlalu besar. Hingga kini, dari seluruh pelanggan BOLT!, hampir 90 persennya merupakan pelanggan prabayar. Jadi, sisanya (sekitar 10 persen) yang merupakan pelanggan pascabayar dianggap masih terlalu kecil.

Selain peningkatan pelanggan prabayar, Dicky pun berharap layanan BOLT! dapat lebih merangkul pelanggan di usia antara 15 hingga 35 tahun. Meski tidak menjelaskan secara detail alasannya, faktanya secara agregat pelanggan layanan BOLT! Tergolong pengguna berusia antara 30 hingga 35 tahun.

Adapun tiga layanan baru yang diluncurkan BOLT! untuk menjaga loyalitas pelanggan dan menarik minat pelanggan baru, antara lain paket Ultra Starterpack, Ultra Unlimited, dan Super Streaming.

Paket Ultra Starterpack merupakan starterpack terbaru Bolt dengan bonus kuota 14GB. Sebelumnya layanan BOLT! hanya bisa dipakai di beberapa merek smartphone premium. Kini, untuk mengakomodir kian banyaknya smartphone 4G LTE yang beredar di pasar, BOLT! pun meluncurkan paket Ultra Starterpack.

Menurut Billy Abe, “Sebelumnya kami hanya menyediakannya samrtphone dari vendor yang sudah bekerja sama dengan kami. Namun, mengingat jumlah konsumennya yang terbatas, BOLT! pun memutuskan untuk membuka akses layanannya untuk semua smartphone atau tablet 4G.

Dengan demikian, layanan BOLT! telah dapat digunakan pada seluruh smartphone dan tablet yang mendukung frekuensi 2300 MHz (TDD-LTE).

Paket Internet kedua adalah Ultra Unlimited tanpa batasan kuota dengan kecepatan hingga 50 Mbps dan promo biaya berlangganan Rp 499.000/bulan. Paket ini melengkapi program sebelumnya yaitu dengan kecepatan hingga 20 Mbps yang dibanderol Rp 249 ribu per bulan.

Billy mengungkapkan bahwa sejauh ini pihaknya sudah meraup 10 ribu pelanggan baru dari paket unlimited terbaru ini. Konsumen yang berlangganan paket ini konsumsi datanya meningkat tiga hingga enam kali lipat.

Paket baru ketiga adalah Super Streaming. Paket ini ditawarkan bagi pengguna yang sering menggunakan layanan video streaming. Pelanggan akan mendapatkan kuota utama mulai dari 3 GB selama 24 jam selama satu bulan dan ditambah bonus kuota 1 GB setiap harinya selama 30 hari. Dengan demikian, total kuotanya menjadai 33 GB per bulan yang bisa digunakan untuk video streaming di YouTube, Netflix, Klikfilm.net, dan layanan mobile First Media X.

 

Tags: , , , , , , , ,


COMMENTS