March 26, 2016

OnePlus Bantah akan Umumkan OnePlus 3 di Bulan April

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
OnePlus Bantah akan Umumkan OnePlus 3 di Bulan April  

MOBITEKNO – OnePlus mulai menarik perhatian dunia saat merilis produk flagship pertamanya, OnePlus One, pada dua tahun lalu. Smartphone ini kerap disebut produsennya sebagai smartphone ‘Flaghsip Killer’ karena mengusung spesifikasi setara dengan smartphone premium dengan harga yang jauh lebih murah.

OnePlus One juga menjadi menarik, karena menerapkan sistem invitasi dalam pemesanan produknya. Di satu sisi, sistem invitasi ini cukup membantu OnePlus dalam meminimalisir biaya produksi, penyimpanan, distribusi tapi di sisi lainnya membuat calon pengguna harus menunggu lebih lama sebelum mendapatkan pesanannya.

Sistem invitasi yang juga masih diterapkan OnePlus pada flagship keduanya, OnePlus 2, dianggap beberapa pihak dapat menghambat target penjualan produk yang ingin diraih produsen asal Tiongkok tersebut. Selain sistem invitasi, One Plus 2 juga kesulitan dalam melakukan penetrasi pasar di Indonesia sebagai dampak berlakunya regulasi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Negeri) untuk smartphone 4G LTE.

Memasuki kuartal pertama 2016, OnePlus dikabarkan sedang bersiap meluncurkan flagship ketiganya, OnePlus 3. Menurut Carl Pei, salah satu pendirinya, OnePlus 3 akan diluncurkan di akhir kuartal kedua tahun ini (sekitar bulan Juni). Ini berarti masih ada waktu beberapa bulan lagi sebelum OnePlus merilis flagship killer ketiga mereka secara resmi.

Selain jadwal rilisnya, Carl Pei juga menyatakan bahwa OnePlus 3 akan datang dengan desain yang berbeda dibandingkan desain kedua produknya terdahulu. Sayangnya Carl tidak menjelaskan lebih detail seberapa jauh perbedaan desain yang diusung OnePlus 3 tersebut nantinya.

Mengenai kabar akan merilis OnePlus 3 pada 7 April ini di Cina, seperti yang pertama kali dihembuskan GizmoChina, OnePlus secara resmi sudah membantahnya. Menurut konfirmasi juru bicaranya kepada media Android Authority, acara 7 April nanti hanya akan berkaitan pada pasar Cina dan tidak berkaitan dengan produk global.

Sebelumnya, website GizmoChina sempat membocokan spesifikasi OnePlus 3 berdasarkan informasi dari AnTuTu Benchmark. Apabila spesifikasinya benar dan harga jualnya tetap menarik, berarti OnePlus 3 masih tetap diposisikan sebagai smartphone ‘Flaghsip Killer’ bagi smartphone premium, seperti LG G5 atau Samsung S7 series, yang baru saja diluncurkan awal tahun ini.

Berdasarkan bocoran AnTuTu Benchmark, OnePlus 3 yang masih tetap berlayar 5.5 inci (1920 x 1080 pixel) akan diperkuat chipset (SoC) Snapdragon 820 (CPU quad-core Kryo, GPU Adreno 530), RAM 4 GB, internal storage 32 GB, kamera belakang/depan 16 MP/8 MP, dan menggunakan sistem operasi Android 6.0.1 Marshmallow.

 

 

Tags: , , , ,


COMMENTS