May 24, 2016

Belum Ada Standarisasi, Inilah Biaya Jasa Panggil Tukang di FindTukang

Penulis: Eko Lannueardy
Belum Ada Standarisasi, Inilah Biaya Jasa Panggil Tukang di FindTukang  

MOBITEKNOAplikasi mobile FindTukang yang baru diperkenalkan menghadirkan beberapa jasa yang ditawarkan, antara lain perbaikan AC, service elektronik, perbaikan komputer dan perbaikan ledeng. Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan jasa lainnya, yakni cuci mobil dan pangkas rambut.

Penasaran dengan harga yang ditawarkan oleh FindTukang kepada konsumennya? Nope Lavanda, CEO FindTukang menegaskan bahwa harga yang disajikan baru sebatas jasa pemanggilannya. Untuk kategori perbaikan AC, service elektronik, perbaikan komputer dan perbaikan ledeng, konsumen cukup membayar seharga Rp 30.000. Sedangkan jasa cuci mobil dan pangkas rambut, dipatok dengan harga Rp 45.000.

"Ada dua jenis tarif pemanggilan dari aplikasi FindTukang, yakni Rp 30.000 untuk biaya panggil tukang ketika mereka diminta memperbaiki AC, komputer, ledeng atau perangkat elektronik lainnya. Biaya tersebut tidak termasuk biaya perbaikan yang mesti dikeluarkan oleh konsumen. Sedangkan untuk jasa cuci mobil dan pangkas rambut, konsumen hanya perlu membayar Rp 45.000," ujar Nope.

Ditambahkan oleh Nope, memang agak sulit untuk menghitung biaya sebenarnya yang harus dikeluarkan oleh konsumen ketika mereka meminta tukang untuk memperbaiki AC, komputer, ledeng atau perangkat elektronik lainnya. Alasannya, belum ada biaya standarisasi yang dapat digunakan.

"Tak mudah untuk menghitung sebuah jasa dalam layanan ini. Sebagai contoh, biaya untuk cuci AC di Tangerang Selatan akan berbeda dengan daerah lainnya. Untuk itu, kami berupaya mengumpulkan semua informasi yang didapat guna menghitung biaya yang pantas dikeluarkan oleh konsumen. Rencananya, fitur ini akan kami hadirkan di versi FindTukang selanjutnya," ujar Nope.

Tak hanya itu, Nope juga memastikan bahwa aplikasi FindTukang akan terus dibenahi. Tak hanya menawarkan jasa yang sudah disebutkan di atas, aplikasi ini akan menawarkan beragam jasa lainnya, seperti pasang/bongkar keramik, pasang/bongkar atap, pengecatan, dan renovasi kecil untuk rumah tinggal.

"Tak hanya berupaya membuat standarisasi tarif seluruh jasa secara end-to-end, pada versi FindTukang selanjutnya kami juga akan menghadirkan lebih banyak jasa yang ditawarkan. Selain itu, kami juga akan ekspansi ke luar Tangerang Selatan untuk menjangkau wilayah Jakarta dan Depok. Realisasi pengembangan ini akan hadir pada kuartal keempat tahun 2016," tutup Nope.

 

Tags: , , ,


COMMENTS