June 20, 2016

Samsung Masih Mendominasi Pangsa Pasar Layar AMOLED

Penulis: Abdillah
Samsung Masih Mendominasi Pangsa Pasar Layar AMOLED  

MOBITEKNO – Sejak mengadopsi penggunaan layar AMOLED di seri Galaxy S pertama pada tahun 2010, Samsung telah mendapatkan perhatian yang cukup besar di industri smartphone dan tablet Android. Tak hanya memproduksi untuk kebutuhan perangkat mereka sendiri, panel AMOLED buatan Samsung juga dimanfaatkan oleh produsen smartphone lain.

Baru-baru ini, sebuah laporan menyebutkan bahwa pada kuartal pertama 2016 Samsung telah menguasai 30,6 persen pangsa pasar AMOLED untuk layar ukuran kecil dan medium. Laporan yang dirilis oleh IHS ini juga menyebutkan dengan persentase sebesar itu, Samsung tetap menjadi pemimpin pasar dan di posisi kedua ditempai oleh Japan Dispaly dengan porsi 17,1 persen.

Ditempat ketiga, LG Display bertengger dengan torehan 12,9 persen. Diurutan keempat dan kelima, masing-masing diduduki oleh SHARP dengan pangsa pasar 8,9 persen dan perusahaan asal Taiwan, AUO yang meraih angka sebesar 4,9 persen. Sementara, New World Electronics, BOE dan Innolux melengkapi daftar dengan pangsa pasar masing-masing kurang dari 5 persen.

Salah satu yang menjadi pendorong pertumbuhan bagi Samsung di sektor ini ada di pasar Tiongkok. Penjualan layar AMOLED Samsung tumbuh 20,2 persen year-on-year dengan nilai transaksi mencapai US$ 2,96 miliar. Dari segi kuantitas, Samsung berhasil mengapalkan 90,15 juta unit layar AMOLED selama kuartal pertama 2016 atau melonjak 60,16 persen dibanding tahun sebelumnya pada periode yang sama.

Melihat pencapaian tersebut, bisa dikatakan bahwa perusahaan asal Korea Selatan tersebut telah berhasil mengumpulkan pundi-pundi uangnya dari bisnis komponen. Tak hanya untuk kebutuhan mereka sendiri, Samsung juga terus mendorong produsen smartphone lain untuk mengadopsi layar AMOLED buatannya

Bahkan, Samsung juga sudah mulai menjual layar AMOLED melengkung mereka ke Vivo. Meski kebijakan ini berisiko, tapi lebih memberi banyak keuntungan bagi Samsung. Sebagai perusahaan yang mampu menciptakan layar AMOLED fleksibel, Samsung dapat mengapalkan lebih banyak unit dan menciptakan lagi lebih banyak sumber penghasilan dalam jangka panjang.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS