February 11, 2016

Fitur Baru Home Timeline Dihadirkan Twitter Agar Informasi Penting Tidak Lagi Terlewatkan

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Fitur Baru Home Timeline Dihadirkan Twitter Agar Informasi Penting Tidak Lagi Terlewatkan  

MOBITEKNO – Sejalan dengan berjalannnya waktu, pengguna lama Twitter akan mengikuti (following) puluhan, ratusan, bahkan ribuan akun Twitter lainnya. Jika demikian, pengguna sangat mungkin akan melewatkan berbagai Tweet penting dari akun-akun yang diikutinya saat sedang masuk (login) di Twitter.

Sebagai salah satu cara meningkatkan experience bagi penggunannya, Twitter belum lama (11/2/2016) ini mengumumkan fitur Home Timeline baru sebagai alternatif Timeline klasik selama ini. Dengan fitur ini, pengguna Twitter akan lebih mudah mengikuti Tweet-Tweet penting dari orang-orang yang di-follow-nya.

Meski telah menghadirkan fitur Home Timeline terbaru, pengguna masih dapat menggunakan opsi Timeline klasik yang mengurutkan Tweet secara biasa berdasarkan kronologis (urutan waktu).

Fitur terbaru ini bisa langsung diaktifkan pengguna melalui menu “Setting – Timeline” dan diakhiri dengan mencentang opsi “Show Me the Best Tweets First”.

Setelah aktif, saat pengguna kembali membuka aplikasi (app) Twitter di smartphone, Tweet yang dianggap penting bagi pengguna (berdasarkan algoritma Twitter), akan muncul di bagian atas timeline secara otomatis, dalam urutan kronologis terbalik.

Tweet lainnya (sisa Tweet) di Timeline akan ditampilkan berikutnya dalam urutan kronologis terbalik seperti biasa. Apabila ingin melihat Tweet terbaru lainnya, pengguna hanya perlu melakukan refresh Timeline.

Opsi “Home Timeline” baru ini akan tersedia bagi pengguna app Twitter di platform iOS, Android, dan web. Penentuan Tweet terbaik pengguna didasarkan dengan algoritma, seperti akun-akun yang sering mereka ajak berinteraksi, Tweet yang biasanya mereka engage, dan apa yang sedang terjadi dalam jaringan mereka.

Fitur baru ini baru dapat digunakan semua pengguna Twitter di Indonesia dalam beberapa minggu mendatang (akan diinformasikan pihak Twitter). Pengguna tetap memiliki kebebasan untuk mengaktifkan fitur Timeline baru ini atau tetap menerapkan algoritma Timeline lama.

Bagi pihak dengan merek (brand) besar, UKM, atau individu yang selama ini menciptakan berbagai konten berkualitas, biasanya akan memiliki performa baik di Twitter dengan algoritman Timeline baru ini.

Konten terbaik pun seharusnya tampil terdepan dengan sendirinya. Dalam beberapa pengujian yang dilakukan Twitter, terlihat adanya peningkatan engagement dari berbagai Tweet organik oleh brand. Selain itu, Tweet yang berkaitan dengan live event juga menjadi salah satu prioritas untuk ditampilkan di depan.

Khusus untuk “Promoted Tweets” dan “Promoted Accounts” akan ditampilkan seperti biasa. Fitur Home Timeline baru tidak akan mempengaruhi keduanya karena keduanya ditampilkan dengan algoritma yang berbeda.

 

Tags: , , , ,


COMMENTS