February 9, 2016

Empat Tips dari Symantec Ini dapat Cegah Kejahatan Online di Internet

Penulis: Desmal Andi
Empat Tips dari Symantec Ini dapat Cegah Kejahatan Online di Internet  

MOBITEKNO – Jangan terlalu percaya diri dan jangan pula sepelekan teknologi yang digunakan oleh para penjahat online untuk mengambil keuntungan dari para pengguna Internet. Peringatan ini disampaikan Symantec dan Norton untuk mengingatkan masyarakat pengguna Internet di ‘Safer Internet Day’ Jumat minggu lalu. Setelah memberikan fakta-fakta kejahatan yang sering ditemukan di Internet, Symantec dan Norton juga memberikan empat tips penting untuk para pengguna Internet.

Tips yang diberikan ini diharapkan dapat melindungi pengunjung dunia maya saat berkunjung ke Internet. Tips ini juga dapat menambah sifat kehati-hatian saat melakukan aktivitas online. Apa saja tips yang diberikan Norton dan Symantec? Berikut empat tips penting yang bisa diterapkan dalam aktivitas online setiap hari.

Berhati-hati di Media Sosial: Jangan mengklik link dalam email yang mencurigakan atau pesan media sosial, terutama dari sumber yang tida diketahui. Dengan link ini penipu tahu orang lebih cenderung mengklik link dari teman-teman mereka sehingga mereka biasanya melakukan aktivitas pencurian account terlebih dahulu untuk mengirim link berbahaya ke kontak pemilik account.

Ketahui Apa yang Anda Bagikan: Ketika memasang perangkat yang terhubung ke jaringan, seperti router rumah, tinjau terlebih dahulu permintaan izin dari aplikasi yang ada pada perangkat tersebut untuk melihat data apa yanng akan Anda berikan. Hal ini juga berlaku jika Anda ingin mengunduh sebuah aplikasi. Selanjutnyam nonaktifkan akses jarak jauh (remote) bila tidak terlalu diperlukan.

Gunakan Password yang Aman: Ini paling penting dalam aktivitas online terutama yang berhubungakn dengan akses login. Ada baiknya gunakan password yang unik untuk setiap account dan perangkat pintar Anda. Selain itu, lakukan pembaharuan password secara berkala, idealnya setiap tuga bulan. Jangan pernah menggunakan passsword yang sama untuk beberapa account sekaligus.

Biasakan Diri dengan Prosedur Kantor yang Tepat: Hal ini berlaku untuk karyawan yang sering mendapat akses ke jaringan. Jangan sepelekan prosedur yang sudah ditetapkan perusahaan. Pertanyakan setiap email yang meminta tindakan yang tidak biasa atau tidak dengan prosedur yang lazim. Bahkan, jangan membalas email yang tampak mencurigakan. Dapatken alamat pengirim dari buku alamat perusahaan dan tanyakan tentang pesan tersebut.

Tags: , , ,


COMMENTS