May 7, 2016

Kuat di Eropa dan Amerika, Hankook Catat Laba US$ 214 Juta di Kuartal Pertama 2016

Penulis: Desmal Andi
Kuat di Eropa dan Amerika, Hankook Catat Laba US$ 214 Juta di Kuartal Pertama 2016  

MOBITEKNO – Perusahaan ban asal Korea Selatan, Hankook, baru-baru ini mengeluarkan informasi hasil kinerja penjualannya pada kuartal pertama tahun 2016. Hankook berhasil melakukan penjualan ban secara global dengan nilai 1,63 triliun Won Korea atau setara dengan US$ 1,4 miliar. Dari hasil tersebut, Hankook memperoleh laba (keuntungan) operasi sebesaar 251,1 miliar Won Korea atau sekitar US$ 214 Juta.

Dari hasil tersebut, Hankook dapat tumbuh secara positif di kuartal pertama 2016. Hasil ini tidak lepas dari penjualan mereka yang mengesankan untuk pasar Eropa dan Amerika (Amerika Utara dan Amerika Serikat). Peningkatan penjualan ban Original Equipment  (OE) mereka di Eropa dan Amerika mencapai 7,9 persen. Hal ini berarti Hankook bertumbuh 8,4 persen setiap tahunnya di dua kawasan tersebut.

Di kelas ban dengan performa tinggi (ultra high performance tire) pun Hankook mengalami kenaikan sebesar 6,9 persen. Segmen ini menyumbang sekitar 33,7 persen dari pendapatan kotor perusahaan selama kuartal pertama tahun 2016.

Dengaan hasil ini, Hankook tire akan terus berusaha untuk lebih meningkatkan posisinya, terutama di segmen ban premium. Kawasan Eropa dan Amerika Utara masih menjadi pasar yang terus menjanjikan bagi penjualan ban Hankook karena permintaan terus meningkat. Oleh sebab itu, tidak heran jika Hankook Tire ingin memperluas 4.000 saluran distribusi global langsung dan tidak langsung sampai dengan 50 persen pada tahun 2017.

Di Indonesia sendiri, salah satu pabrik global (dari delapan pabrik global yang ada di dunia) yang berlokasi di Cikarang turut memberikan kontribusi yang besar pada peningkatan kinerja penjualan. Pabrik di Indonesia ini juga sudah menjadi basis ekspor ban Hankook untuk kawasan Amerika Utara dan Timur Tengah.

Tags: , , ,


COMMENTS