August 5, 2016

Twitter Jadikan #BlueRoom Sebagai Sarana ‘Kopi Darat’ Para Kreator Konten dan Audiensinya di Indonesia

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Twitter Jadikan  #BlueRoom Sebagai Sarana ‘Kopi Darat’ Para Kreator Konten dan Audiensinya di Indonesia  

MOBITEKNO – Twitter Indonesia meluncurkan ajang offline #BlueRoom sebagai sarana pengguna Twitter pertama untuk berinteraksi dan berdiskusi langsung seputar berbagai konten kreatif atau isu hangat lainnya di Indonesia, Kamis (4/8/2016). Ruang khusus bernuansa biru, seprti warna logo Twitter, ini disediakan utamanya bagi para kreator konten dalam berinteraksi secara real-time dengan pengguna Twitter yang menjadi audiens mereka selama ini.

Rishi Jaitly, VP Media Asia Pasific & Middle East Twitter menyatakan, "Indonesia menjadi tujuan utama Twitter dalam menghadirkan #BlueRoom di Asia karena menjadi salah satu negara dengan jumlah pengguna dan kreator konten terbesar di Asia Pasifik”. dalam konferensi persnya di Qubicle Center, Jakarta, Kamis.

Menurutnya di acara konferensi pers di Qubicle Center, Jakarta (4/8/2016), “Kreator konten merupakan prioritas utama Twitter tahun ini untuk dihadirkan dalam ruang diskusi #BlueRoom.” Sarana offline ini diharapkan Twitter dapat menunjang kreativitas dari para insna kreatif di Indonesia.

Selain #BlueRoom, Twitter terus melakukan variasi layanannya yang semula hanya mengandalkan ciutan (tweet) teks berjumlah maksimal 140 karakter. Perusaahaan yang tahun ini genap berumur satu dekade juga menyediakan fitur lainnya, seperti video Periscope dan fitur baru seperti ‘Moments yang menunjukkan bahwa merka bukan lagi sekadar layanan social netowrking tapi juga penyedia berita dan konten lainnya secara real time (live).

Hadirnya #BlueRoom sebagai aktivitas offline Twitter pertama di Asia Tenggara menurut Rishi dilakukan untuk mendukung berbagai momen ‘live’ yang lebih interakti, nyata, dan ‘seru’ anatar para konten kreator dengan audiensinya, dalam hal ini kalangan muda (millennial generation atay Gen Y) di Indonesia.

Roy Simangunsong, Country Business Head Twitter Indonesia di acara yang sama menyatakan, “Ini komitmen kita untuk pengguna Twitter di Indonesia, berkaitan dengan konten kreatif. Pengguna Twitter tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggunakan #BlueRoom, mereka cukup memberitahukan tim Twiiter untuk menentukan jadwalnya , kapan akan dipergunakan," ucap pria berkacamata ini.

Tema konten dari kreator bisa beragam, sesuai kebutuhan pengguna Twitter di masing-masing negara, termasuk di Indoensia. Twitter berencana mulai menggelar #BlueRoom pada September nanti dengan mengajak pengguna aktif dan ‘selebriti’ Twitter, seperti Pandji Pragiwaksono dan Riyanni Djangkaru.

"Ini kesempatan untuk kreator untuk menampilkan konten kreatif mereka. Hasilnya bukan komunikasi satu arah, melainkan komunikasi dua arah. Mau keperluan workshop dengan tema musik, komedian seperti Pandji Pragiwaksono, isu sosial atau lingkungan yang dilancarkan Riyanni Djangkarau, dan lainnya. #BlueRoom ini seperti studio saja," ujar dia.

Pada tahap awal, Twitter baru menghadirkan #BlueRoom dengan menggandeng penyedia plaform konten kreatif Qubicle di Jakarta (Jl. Senopati No.79, Kebayoran Baru, Jakarta). Namun, tidak tertutup kemungkin, lokasi #Blueroom ini digelar juga di kota-kota lainnya. Apa saja kota lainnya, masih dalam penjajakan.

 

Tags: , , , , , , , , ,


COMMENTS