January 16, 2017

Apa Dampak #Debat1PilkadaDKI ke Akun Resmi Kandidat? Ini Menurut Twitter

Penulis: Iwan Ramos Siallagan
Apa Dampak #Debat1PilkadaDKI ke Akun Resmi Kandidat? Ini Menurut Twitter  

MOBITEKNO – Sebagai platform yang bersifat live atau real time, Twitter bisa menjadi salah satu acuan untuk menggambarkan suatu peristiwa penting yang baru saja terjadi, termasuk agenda Pilkada DKI Jakarta 2017 dalam sesi #Debat1PilkadaDKI.

Setelah menjadi topik perbincangan hangat, offline dan online, selama setahun terakhir, akhirnya warga DKI Jakarta, bahkan masyarakat Indonesia umumnya, menyaksikan langsung ketiga pasangan calon Gubernur (Cagub) dan Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta menyampaikan rencana kerja masing-masing untuk Jakarta yang lebih baik.

Menurut data dari layanan berita online dan social networking ini, terdapat setidaknya 760 ribu tweet yang berkaitan dengan #Debat1PilkadaDKI. Puncak percakapan terjadi pada pukul 21.30 WIB dengan jumlah 2 ribu tweet setiap menitnya.

Twitter membuat interaksi antara pihak kandidat dan calon pemilih menjadi tak terbatas karena adanya komunikasi dua arah dan diskusi. Selain itu, calon pemilih juga bebas memutuskan apakah mem-follow dan meng-unfollow akun para kandidat kapan saja.

Setelah kurang lebih 24 jam dari #Debat1PilkadaDKI yang berlangsung Jumat lalu (13/1/2017), masing-masing kandidat mendapat efek yang berbeda pada akun resmi mereka.

Akun resmi kandidat @basuki_btp mengalami kenaikan jumlah follower terbanyak yaitu 2.000 menjadi 6,32 juta follower. Kenaikan terbesar kedua diraih kandidat @AgusYudhoyono dengan penambahan seribu (1.000) follower menjadi 288 ribu. Sedangkan akun kandidat @aniesbaswedan terlihat masih belum menunjukkan perubahan jumlah karena masih tetap pada angka 1,21 juta follower.

Berikut adalah beberapa Tweet dari para pendukung masing-masing kandidat setelah #Debat1PilkadaDKI selesai digelar.

Pemaparan yg lengkap & terukur oleh @AgusYudhoyono meyakinkan pemilih bhw kesiapan program jadi kunci rakyat sejahtera #AgusSylviSiapDebat pic.twitter.com/VOaJMuwPCs

— Rico Rustombi (@r_rustombi) January 13, 2017

Betul sekali Pak Ahok. Integritas teruji saat sudah berkuasa. Hanya Basuki Djarot yang sudah teruji integritasnya #NobarBadja #BadjaTerbukti pic.twitter.com/E4zwhT1Pz0

— Isyana Bagoes Oka (@IsyanaBagoesOka) January 13, 2017

Anies baru aja ngebuka 5 thn yg lalu ada yg janji pake kontrak politik tapi dilanggar 🙂 #AniesSandiJuaraDebat pic.twitter.com/GuXXUl8vf0

— Pandji Pragiwaksono (@pandji) January 13, 2017

Tags: , , , ,


COMMENTS