May 31, 2015

Airbag Khusus Ini Bisa Lindungi Kepala dan Leher Pengguna Sepeda

Penulis: Desmal Andi
Airbag Khusus Ini Bisa Lindungi Kepala dan Leher Pengguna Sepeda  

MOBITEKNO – Tidak hanya kendaraan bermesin saja yang ada di jalan raya. Sepeda pun turut meramaikan arus lalu lintas di jalan. Risiko yang dihadapinya pun menjadi sama dengan kendaraan roda dua atau roda empat yang memiliki mesin.

Inilah yang menyebabkan Hovding Airbag Helmet System terus membuat dan mengembangkan airbag khusus untuk keamanan para pesepeda. Di beberapa negara, helm ini sudah mulai dijual untuk para pengguna sepeda.

Tidak seperti airbag di kendaraan roda empat yang berada jauh dengan tubuh pengemudi, airbag di helm ini berada di bagian leher. Saat terjadi kecelakaan seperti sepeda menabrak kendaraan lain atau bangunan, airbag akan mengembang dan akan melindungi leher serta bagian kepala.

Melihat fungsinya yang sangat penting untuk keselamatan para pengguna sepeda dan letaknya yang ada di leher, tampaknya pelindung keselamatan ini memungkinkan juga untuk digunakan di kendaraan roda empat. Bentuknya yang melingkar di leher bisa didesain seperti headrest pada bangku kendaraan. Saat terjadi kecelakaan airbag ini tentu dapat melindungi bagian penting di tubuh pengemudi seperti kepala dan leher.

Produk ini sebenarnya sudah dikembangkan sejak tahun 2005. Namun, baru mulai dipasarkan pada tahun 2013 lalu. Untuk lebih jelas melihat alat keselamatan ini, Anda bisa melihat videonya di bawah ini saat BikeRadar menguji alat ini di jalan raya.

Sumber: carscoops

 

Tags: , , ,


COMMENTS