August 27, 2015

Kupu-kupu malam Menggila di IIMS 2015

Penulis: Angga Ramadhan
Kupu-kupu malam Menggila di IIMS 2015  

MOBITEKNO – Kupu-kupu Malam yang tampil di IIMS 2015 ini tidak mengandung pengertian yang negatif sama skali. Ini adalah rumah modifikasi terkenal asal kota pelajar, Jogjakarta. Namanya yang unik berbanding lurus dengan karya-karya yang selama ini telah dihasilkan.

Dalam gelaran IIMS tahun 2015 ini, Kupu-kupu Malam memamerkan salah satu hasil karyanya yang sangat mencengangkan. Mobil yang aslinya merupakan sebuah Chevrolet Luv pickup tahun 1957 diubah menjadi sebuah mobil yang benar-benar berbeda tampilannya. Bahkan tidak ada kesan bahwa mobil ini dibangun dari basis mobil komerisl.

Di bagian Eksterior mengalami banyak perubahan yang sangat ekstrim. Berbalut cat berwarna ungu dengan grafis handmade, mobil ini bertranformasi menjadi sebuah coupe dengan akses keluar masuk tidak menggunakan pintu, melainkan sebuah kanopi yang bisa terbuka dengan bantuan motor. Rodanya sendiri bertambah menjadi 6 buah dengan rincian 2 roda berfungsi sebagai kemudi didepan dan 4 roda dibelakan sebagai penggerak.

Di bagian interior sudah tidak ada satupun panel interior yang tersisa dari mobil aslinya. Mulai dari dashboard sampai ke kursi pengemudi dan penumpang, semuanya dimodifikasi secara custom dengan hasil yang tampak rapi dan terlihat seolah itu adalah dashboard OEM yang berbalut kulit, bukan sebuah hasil modifikasi.

Beralih ke belakang, mesin yang aslinya berada didepan berpindah tempat ke belakang jok pengemudi. Namun, posisi mesin tetap di depan gardan belakang. Mesinnya sendiri diganti dengan mesin Chevrolet 5600cc V8 yang memiliki cukup tenaga untuk menggerakan keempat roda belakangnya.

Di belakang mesin terdapat sistem audio lengkap dengan subwoofer, mid bass, sampai ke power. Yang unik adalah penutup audio yang menganut system hatch dan berbentuk mirip sekali dengan sayap kupu-upu ketika sedang terbuka.

Sampai menghasilkan model seperti ini, proses modifikasinya memakan waktu hingga total 6 bulan. Hal ini karena materi yang digunakan merupakan pelat besi dan tidak menggunakan fiber sama sekali sehingga semakin mempersulit proses modifikasi. "Hal yang paling sulit adalah mengerjakan kaca yan akan digunakan untuk kaca depan, karena bentuknya unik dan tidak ada dipasaran, maka harus dibuat hand made," menurut Budi dari Kupu-kupu Malam.

Sementara total biaya yang dikeluarkan untuk modifikasi ini mencapai angka Rp 1 miliar. Yang lebih hebatnya lagi, mobil ini tetap dapat digunakan di jalan raya.

Tags: , , ,


COMMENTS