September 26, 2015

Dukung Industri Kreatif, Baidu Luncurkan Ekosistem Berbasis Internet

Penulis: Desmal Andi
Dukung Industri Kreatif, Baidu Luncurkan Ekosistem Berbasis Internet  

MOBITEKNO – Program ini bekerjasama dengan Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) serta Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang dilakukan pada Rabu (23/9/2015). Program Pengembangan Ekonomi dan Ekosistem Berbasis Internet ini diperkenalkan Baidu sekaligus merayakan kehadiran Baidu yang sudah memasuki tahun ketiga di Indonesia.

Ada dua agenda penting dalam program tersebut, yaitu Grow Local untuk mengembangkan industri digital Tanah Air serta mendukung startup dan pengembang aplikasi lokal, dan Go Global untuk membuka akses bagi produk digital Indonesia untuk memasuki pasar global melalui platform Baidu. Kedua agenda ini merupakan program jangka panjang yang prosesnya akan dimulai pada kuartal keempat tahun 2015.

“Dalam upaya pengembangan industri digital, kami memahami ada beberapa kendala dasar yang dihadapi startup dan pengembang aplikasi di banyak negara, termasuk Indonesia. Melalui sumber daya yang dimiliki Baidu kami ingin mengurangi hambatan-hambatan tersebut,” ungkap Bao Jianlei, Direktur Baidu Indonesia. “Akses menuju pasar di luar Indonesia menjadi salah satu yang menarik perhatian kami, terutama karena kami melihat betapa sedikitnya aplikasi asal Indonesia yang mampu menembus pasar global,” tambah Jianlei.

Sebagai pemain asing yang datang ke Indonesia, Baidu tak hanya memperluas pasarnya tetapi juga sebaliknya, membuka kesempatan yang sama bagi para pemain lokal untuk menembus pasar Tiongkok, negeri asal Baidu. Salah satu upaya yang akan dilakukan adalah dengan mempromosikan sektor pariwisata Indonesia untuk menarik minat wisatawan Tiongkok datang ke Indonesia.

Tags: , , ,


COMMENTS