June 24, 2015

Google Bikin Saingan Apple Music

Penulis: Elizabeth Swanti
Google Bikin Saingan Apple Music  

MOBITEKNO – Setelah bertahun-tahun menjadi salah satu sandaran finansial para musisi dunia, kini Apple Music akan memiliki saingan baru. Google telah meluncurkan versi gratis streaming musik layanan Play Music, kurang dari seminggu sebelum Apple meluncurkan aplikasi streaming sendiri, Apple Music.

Google Play Music telah memiliki layanan berbasis langganan, dimana pengguna membayar iuran bulanan untuk mendengarkan musik dalam jumlah yang tidak terbatas.

Pekan ini, perusahaan raksasa teknologi tersebut mengumumkan versi gratis Google Play Music yang terdiri dari daftar lagu terakurasi yang dirancang untuk waktu dan hari yang berbeda sesuai aktivitas Anda. Layanan gratis ini juga mencakup iklan, mirip dengan model pada Spotify.

Google Play Music dirancang gratis untuk saat ini, sementara pendapatannya didukung melalui iklan. Roman menambahkan, "Hal ini memberikan cara baru bagi Anda untuk mendengarkan hanya musik yang tepat, dan disaat bersamaan juga memberikan para artis cara lain untuk memperoleh penghasilan."

Apple sendiri mulai pekan depan akan melaksanakan program gratis unduh musik selama tiga bulan pertama. Pekan lalu, ketika Apple mengumumkan program ini, sebagian artis kenamaan dunia memprotesnya. Salah satu yang bersuara paling keras adalah Taylor Swift melalui surat terbukanya yang terang-terangan menolak dan langsung menarik semua albumnya dari daftar tersebut. Apple langsung bereaksi dengan mengumumkan bahwa mereka akan tetap membayar royalti para artis seperti biasanya selama masa promosi tiga bulan tersebut. Hingga kini, belum ada tanggapan balik dari Swift.

Meski demikian, di AS, Google telah mengalahkan Apple untuk pasar ‘Play Music’ ini sejak diumumkan. Dalam sebuah posting blog, Elias Roman, Product Manager Google mengatakan: "Bahkan jika Anda belum menjadi pelanggan Google Play Music, kami akan tetap melayani Anda."

Google Play Music saat ini baru diluncurkan dalam versi web, namun versi Android dan iOS-nya akan diluncurkan mulai awal pekan depan.

 

 

Sumber: google

Tags: , ,


COMMENTS