May 17, 2015

Rencana F1, Refuel dan Suara Mesin Lebih Gahar

Penulis: Desmal Andi
Rencana F1, Refuel dan Suara Mesin Lebih Gahar  

MOBITEKNO – Guna mengembalikan kejayaan balap Formula 1 untuk masa yang akan datang, belum lama ini F1 Strategy Group mengadakan pertemuan khusus. Pertemuan tidak hanya dihadiri oleh para pimpinan tim, tetapi juga bos F1 Bernie Ecclestone dan Presiden FIA Jean Todt. Hasilnya, beberapa tindakan harus diambil mulai tahun 2017.

Salah satu tindakan yang akan diambil adalah diadakannya kembali pengisian bahan bakar (refuel) di pit. Hal ini cukup mengejutkan karena proses pengisian bahan bakar dihilangkan pada tahun 2010 karena faktor untuk menambah efisiensi biaya. Namun, fokus utama di pertemuan tersebut adalah ingin mengurangi lap time 5-6 detik di tahun 2017.

Tindakan lain yang ingin diambil komite dalam pertemuan tersebut adalah meningkatkan suara dari mesin sehingga setiap mobil bisa mengeluarkan suara yang lebih keras. Hal ini menjadi masalah dalam dua tahun belakangan ini dan dikeluhkan oleh para fans F1 karena suara mobil F1 yang terlalu sunyi.

Mulai musim depan, tim juga bisa memilih secara bebas ban yang akan digunakan (dua jenis ban dari empat pilihan yang disediakan). Beberapa keputusan lain juga diambil oleh komite yang bertujuan untuk membuat balapan F1 lebih kompetitif.

 

Sumber: Carscoops

Tags:


COMMENTS