June 12, 2015

Apple dan IBM Kolaborasi Bikin iPad Khusus Manula di Jepang

Penulis: Elizabeth Swanti
Apple dan IBM Kolaborasi Bikin iPad Khusus Manula di Jepang  

MOBITEKNO – Semakin banyaknya populasi manula di negeri Sakura tampaknya menarik minat perusahaan teknologi besar untuk membuat gadget khusus orang berusia lanjut. Pasalnya, penggunaan gadget kerap diasosiasikan dengan kaum muda.

Dua perusahaan teknologi raksasa, Apple dan IMB baru-baru ini mengumumkan inisiatif baru untuk membuat iPad yang dikreasikan khusus bagi kaum manula. Sebanyak 5 juta iPad telah disiapkan untuk dibagikan kepada manula di Jepang secara gratis. Tujuannya, sebagaimana diungkapkan melalui Engadget, Jumat (12/6/2015).

Dalam proyek ini, keduanya menggandeng Japan Post Group, jaringan media grup terbesar di Jepang.

Menariknya, iPad khusus ini dirancang dengan aplikasi buatan IBM yang didesain khusus dengan ‘pola pikir dan kebutuhan manula’. Beberapa diantaranya adalah aplikasi reminders dan alerts untuk jadwal mengonsumsi obat, aplikasi untuk meminta bantuan pada orang lain seperti berbelanja.

Meski demikian, Apple masih mempertahankan aplikasi andalannya seperti FaceTime dan iMessage karena dianggap dibutuhkan oleh para manula untuk berkomunikasi dengan orang-orang dan keluarga tercinta mereka.

Selain detail mengenai aplikasi, Apple belum merilis keterangan apakah model iPad khusus manula ini akan berubah juga atau tidak.

Ini memang bukan pertama kalinya kedua perusahaan ini berkolaborasi. Apple dan IMB telah mulai bekerjasama sejak tahun lalu, namun dikabarkan model kerjasamanya tidak terlalu lancar. Proyek bersama iPad untuk manula ini diharapkan bisa menyatukan kembali visi mereka untuk mengedepankan kepentingan konsumen.

 

Tags: , ,


COMMENTS