July 11, 2015

Optimalisasi Jaringan, Cara Smartfren Hadapi Puncak Lebaran 2015

Penulis: Eko Lannueardy
Optimalisasi Jaringan, Cara Smartfren Hadapi Puncak Lebaran 2015  

MOBITEKNO – Sambut Lebaran 1436 H, Smartfren sudah siap dengan jaringan yang dimilikinya. Kesiapan jaringan Smartfren terdiri dari peningkatan kualitas jaringan, meminimalisir masalah jaringan, mengurangi dampak kepadatan trafik jaringan dan upaya meng-cover blind spot.

Dijabarkan oleh Munir Syahda Prabowo, Head of Network Special Project di sela-sela buka puasa bersama dengan media di Jakarta, (10/7) bahwa untuk peningkatan kualitas jaringan, Smartfren akan mengoptimalkan infrastruktur pada high traffic area.

"Kepadatan lalu lintas jaringan di high traffic area menjadi perhatian tersendiri selama masa liburan Lebaran tahun ini. Sebagai antisipasi, infrastruktur di BTS telah diperkuat rata-rata 30% hingga 40% di wilayah Pulau Jawa, Bali, Sumatera, dan Sulawesi. Harapannya, masalah terkait dengan jaringan bisa diminimalisir," ujar Munir.

Guna mengantisipasi lonjakan trafik selama Ramadhan hingga Lebaran di tahun ini, Smartfren juga sudah mengaktifkan tujuh regional offices. Ketujuh regional offices tersebut ada di Medan, Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya dan Malang. Semuanya akan beroperasi 7 x 24 jam.

Kesiapan Smartfren lainnya menghadapi puncak Lebaran 2015 adalah memperkuat layanan dengan menghadirkan staff profesional yang dilengkapi kendaraan operasional. Munir menambahkan bahwa mereka siap bergerak kapan saja bila terjadi gangguan jaringan.

"Untuk kendali operasional penanganan jaringan, secara keseluruhan akan ditangani oleh NOC (Network Operation Center) yang berpusat di Jakarta dan Surabaya. Tak hanya itu, ada juga dukungan 120 EMS (Equipment Management System) di seluruh regional," pungkas Munir.

Sejak awal Ramadhan hingga Lebaran, Smartfren juga telah menggelar promo bertajuk "Double Kuota". Promo ini bisa dinimkati pelanggan dengan pembelian kuota minimal Rp60 ribu. Digelar sejak tanggal 1 Juni hingga 30 Juli 2015, promo ‘Double Kuota" ini hanya berlaku untuk paket My Smartplan.

Tags: , ,


COMMENTS