June 9, 2015

Tertarik Pakai iOS 9, Kenali Dulu Feature Unggulannya

Penulis: Eko Lannueardy
Tertarik Pakai iOS 9, Kenali Dulu Feature Unggulannya  

MOBITEKNO – iOS 9 sebagai sistem operasi mobile terbaru telah diperkenalkan oleh Apple di acara Worldwide Developers Conference (WWDC) 2015 yang digelar mulai tanggal 8 hingga 12 Juni nanti di San Francisco, Amerika Serikat. Beragam feature menarik yang ada di iOS 9 juga dijabarkan oleh Apple.

Pertama, feature yang cukup menarik perhatian, yakni Siri. Apple menjanjikan, Siri yang ada di iOS 9 lebih reponsif dan proaktif. Proaktif artinya Siri dapat memberi saran sebelum diminta oleh pengguna. Hal ini mirip dengan layanan yang dimiliki oleh Google, Google Now.

Apple juga mengklaim bahwa Siri terbaru 40 persen lebih akurat dari sebelumnya. Tak hanya itu, Siri juga memiliki kemampuan untuk mempelajari ketertarikan pengguna. Selain itu, pengguna juga bisa meminta bantuan Siri untuk mencari sebuah lokasi di peta, buka aplikasi atau melakukan tugas lainnya.

Feature lainnya yang turut disematkan Apple ke dalam iOS 9 adalah Transit. Lewat feature ini, pengguna diberi kemudahan untuk mengetahui rute angkutan umum yang ada di sejumlah kota. Saat ini, Apple baru menghadirkan feature Transit secara terbatas di beberapa kota di Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya.

Apple juga memperkenalkan feature News yang memberi kemudahan bagi pengguna untuk membaca beragam berita terkini. Layaknya Flipboard, News di iOS 9 juga menghadirkan beragam berita dari berbagai sumber, sperti Wired, ESPN, New York Times dan sebagainya.

Tak hanya itu, Apple juga membenamkan dukungan tampilan yang lebih dinamis ke dalam feature News sehingga lebih interaktif. Ada juga dukungan video sehingga konten berita yang ditampilkan terlihat lebih menarik dan menjadi nilai tambah feature ini.

Tak berhenti di situ, Apple juga membenamkan aplikasi Notes ke dalam iOS 9. Sedikit berbeda dengan versi sebelumnya, Notes terbaru memiliki dukungan pemilihan warna, sehingga pengguna bisa memanfaatkannya sebagai wadah untuk menggambar. Dukungan lainnya yang ada di Notes adalah berbagi catatan kepada orang lain secara real-time.

Multitasking juga menajdi feature andalan Apple yang turut dibenamkan ke dalam iOS 9. Di sini, pengguna bisa menampilkan dua jendela aplikasi dalam satu layar. Apple juga menyisipkan dukungan tampilan animasi baru yang mirip Windows Aero.

Tak kalah menarik adalah soal keamanan di iOS 9. Kini, privasi pengguna lebih dilindungi secara optimal. Semua informasi akan tetap terjaga dalam perangkat yang dimilikinya sebagai data anonymous. Apple juga mengklaim, sistem operasinya ini lebih cepat 1,5 kali dari versi sebelumnya.

Kapan Apple akan merilis iOS 9 ke tangan pengguna? Rencananya, Apple baru akan mendistribusikan iOS 9 pada akhir tahun ini. Namun, untuk versi betanya, Apple menjanjikan akan digulirkan pada bulan Juli mendatang. Perangkat yang mendukung sistem operasi ini adalah iPad 2, iPad 3, iPad 4, iPad Air, iPad Air 2, iPad mini, iPad mini 2, iPad mini 3, iPhone 4s, iPhone 5, iPhone 5c, iPhone 5s, iPhone 6, iPhone 6 Plus dan iPod Touch 5.

Sumber: GSMArena

Tags: , , ,


COMMENTS