June 9, 2015

Di Apple iOS 9, Apple Maps Muat Rute Angkutan Umum

Penulis: Eko Lannueardy
Di Apple iOS 9, Apple Maps Muat Rute Angkutan Umum  

MOBITEKNO – Kini, para pelancong yang datang ke Amerika Serikat tak perlu lagi pusing untuk mengetahui rute angkutan umum yang ada. Pasalnya, di sela-sela gelaran Worldwide Developers Conference (WWDC) 2015, Apple mengumumkan kehadiran iOS 9 yang telah disokong kemampuan membaca rute angkutan umum di Apple Maps.

Kehadiran feature ini dijabarkan langsung oleh Craig Federighi, Software VP Apple. Ia menegaskan rute angkutan umum yang kini bisa dibaca oleh Apple Maps cukup bervariasi, mulai dari bis, feri, subway, hingga jalur kereta. Di Amerika Serikat, layanan ini akan tersedia di Baltimore, Chicago, New York, Philadelphia, San Francisco dan Washington DC.

Rencananya, feature rute angkutan umum di Apple Maps ini juga akan tersedia secara global di beberapa kota besar di dunia. Setidaknya, ada tiga kota besar yang disasar oleh Apple untuk mencicipi feature ini, yaitu London, Toronto, dan Berlin.

Sebelumnya, Apple membuat keputusan untuk pindah dari layanan Google dan menciptakan peta digital sendiri, Apple Maps. Kehadiran feature rute angkutan umum yang dibundel sebagai bagian dari iOS 9 juga menjadi upaya Apple untuk berkompetisi dengan Google.

Untuk kita ketahui bersama, saat ini Google yang sukses mengembangkan peta digital miliknya, Google Maps telah berhasil menghimpun ribuan rute angkutan umum di 18 ribu kota di dunia (lebih dari 100 negara). Namun, untuk melakukan semua itu, Google mengembangkan layanannya ini butuh waktu panjang, yakni 7 tahun.

Terlambatkah bagi Apple untuk memulai layanan yang sama seperti Google? Tentu saja, perusahaan yang saat ini dipimpin oleh Tim Cook perlu bekerja keras untuk menghimpun seluruh rute angkutan umum yang ada agar bisa dimuat ke dalam Apple Maps. Kita pun sebagai pengguna akan bisa menikmatinya.

Sumber: The Verge

Tags: , , , ,


COMMENTS