August 20, 2021

Goodyear Indonesia Akan Optimalkan Bisnis dengan Memanfaatkan Tren Gelombang Pertumbuhan Ekonomi Pasca Pandemi

Penulis: Desmal Andi
Goodyear Indonesia Akan Optimalkan Bisnis dengan Memanfaatkan Tren Gelombang Pertumbuhan Ekonomi Pasca Pandemi 

Mobitekno – Hal ini sesuai dengan hasil rapat umum pemegang saham yang baru saja dilakukan Goodyear pada 19 Agustus 2021. Goodyear akan terus mengoptimalkan bisnisnya seperti dengan memenangkan beberapa bisnis baru untuk konsumer dan komersial, meluncurkan tiga ban baru dan dua ban untuk kebutuhan lite truck, serta memperluas ekspor ke Bangladesh guna mengantisipasi pertumbuhan ekonomi di tahun 2021.

Dalam RUPS tersebut juga diinformasikan bahwa Goodyear berhasil meraih penghasilan total senilai US$ 108.268.268 untuk tahun fiskal yang berakhir 31 Desember 2020. Hasil ini cukup baik mengingat ada di tengah pandemi Covid-19 yang penuh tantangan. Dari total penghasilan tersebut, hasil mayoritas didapat dari penjualan unit ban komersial dan konsumer di segmen aftermarket dan Original Equipment. Sebelumnya, Goodyear Indonesia mengalami penurunan pada volume penjualan seluruh unit bisnis dan OE yang kemudian diatasi dengan gemilang melalui akuisisi bisnis baru untuk sektor unit yang sama.

“Pendapatan total perusahaan di 2020 adalah hasil gemilang mengingat situasi industri yang sulit saat ini. Goodyear saat ini melanjutkan mengambil langkah penting sebagai antisipasi pulihnya ekonomi di 2021. Pada 2020, kami telah memenangkan beberapa bisnis baru untuk bisnis konsumer dan segmen komersial termasuk untuk kendaraan penumpang dan segmen truk di bisnis OE, meluncurkan tiga ban baru dan dua ban untuk lite truck yang berdaya pakai tinggi, serta Eagle F1 Sport untuk penggemar mobil sport. Tahun lalu Goodyear Indonesia juga mulai mengapalkan ban dengan tujuan akhir negara Bangladesh,” ujar Hui Yun, Presiden Direktur PT Goodyear Indonesia Tbk.

Hui Yun sendiri baru yang ditunjuk menjadi Presiden Direktur PT Goodyear Indonesia melalui Rapat Umum Pemegang Saham 2021 daring. Ia menggantikan Randeep Singh Kanwar.

Goodyear RUPS Agustus 2021
Goodyear RUPS Agustus 2021

Agar bisa menjalankan bisnisnya dengan lancar, Goodyear Indonesia juga memfokuskan pada kesejahteraan karyawannya. Hal ini sekaligus menjadi dorongan untuk mengejar pertumbuhan di tahun 2021 serta membantu Pemerintah menekan penyebaran Covid-19.

“Dalam situasi sulit saat ini, kami tidak hanya berfokus pada upaya mempertahankan bisnis, tetapi juga melakukan yang kami bisa untuk menghentikan penyebaran Covid-19 setidaknya di lingkungan kami sendiri,” kata Wicaksono Soebroto, head of Communications Goodyear Indonesia.

“Perusahaan menganjurkan bekerja dari rumah, melakukan protokol kesehatan diseluruh area kerja baik di pabrik dan kantor, dan melakukan berbagai kegiatan sosialisasi kesadaran kesehatan termasuk kewajiban mengikuti pelatihan keselamatan bagi seluruh karyawan. Disisi konsumer, kami memberlakukan juga Zero-Contact-Drop-Off program, sehingga pelanggan tetap bisa melakukan kegiatan bengkel, balancing dan spooring ban termasuk pembayaran tanpa harus melakukan kontak dekat,” tutup Wicaksono Soebroto.

Tags: ,


COMMENTS