March 31, 2020

Uji Internal 3 Indonesia: Hangouts, Zoom, Skype, dan Webex, Siapa yang Paling Irit Bandwidth?

Penulis: Rizki R
Uji Internal 3 Indonesia: Hangouts, Zoom, Skype, dan Webex, Siapa yang Paling Irit Bandwidth?  

Mobitekno – Dua pekan usai imbauan untuk bekerja dan belajar dari rumah, banyak aktivitas belajar kelompok atau rapat kini dilakukan via daring melalui berbagai aplikasi telekonferensi seperti Google Hangouts, Zoom, atau Skype. Agar kegiatan virtual ini dapat berlangsung lancar tanpa lag yang mengganggu, penting untuk memilih aplikasi telekonferensi dengan kebutuhan bandwidth yang rendah serta memiliki koneksi internet yang stabil.

Setiap layanan telekonferensi memiliki kebutuhan bandwidth yang berbeda-beda, sesuai dengan fitur dan kapabilitas yang ditawarkan. Untuk membantu memilih aplikasi yang bisa Anda gunakan dalam melakukan telekonferensi dari rumah, 3 Indonesia telah melaksanakan pengujian internal terbatas pada empat layanan telekonferensi populer paling banyak digunakan di jaringan 3 serta dapat diakses secara gratis di Indonesia.

Desmond Cheung, Chief Technical Officer 3 Indonesia, mengatakan, “Pasca imbauan dari Pemerintah untuk beraktivitas dari rumah, kebutuhan internet di jam kerja meningkat pesat. Di periode yang sulit ini, tim teknis 3 Indonesia terus memonitor jaringan selama 24/7 untuk memastikan koneksi yang stabil.

Ia menambahkan, “Kami juga terus memperluas jangkauan jaringan untuk melayani kebutuhan pelanggan, baik yang bekerja maupun belajar dari rumah. Didukung dengan jaringan 4.5G Pro yang kini 8x lebih cepat dari ketika jaringan 4G pertama kali diperkenalkan, kami berupaya untuk memastikan pengguna 3 Indonesia dapat mengadakan diskusi online maupun rapat tatap muka secara virtual dengan nyaman,” ujarnya.

3 indo

Grafik di atas adalah hasil pengujian internal terbatas 3 menggunakan perangkat yang sama dalam telekonferensi selama 30 menit dengan lima partisipan.

Bandwidth yang kecil biasanya membutuhkan data yang kecil juga, sehingga pengguna bisa menghemat konsumsi data yang digunakan untuk telekonferensi. Sementara aplikasi dengan kebutuhan bandwidth yang besar umumnya menawarkan kualitas video yang lebih baik. Kebutuhan bandwidth setiap aplikasi dapat bervariasi pula tergantung dari perangkat elektronik yang digunakan.

Dibandingkan dua pekan sebelumnya, akses terhadap empat layanan aplikasi telekonferensi video ini meningkat hingga 693%, khususnya pada jam kerja. Untuk melengkapi kebutuhan internet pelanggan, 3 Indonesia juga memiliki rangkaian produk AlwaysOn Unlimited yang memberikan kuota unlimited di jam 01.00-17.00, yang bisa digunakan untuk mengakses semua aplikasi untuk menunjang aktivitas work from home maupun school from home tanpa khawatir kehabisan kuota.

AlwaysOn Unlimited menawarkan layanan bebas akses semua aplikasi seperti Skype, Zoom, WebEx, Google Hangout, aplikasi e-learning Edmodo, Ruangguru, Quipper, Zenius, Google Classroom, media sosial, hingga berbagai aplikasi hiburan. Selama periode #DiRumahAja, 3 Indonesia tetap beroperasi penuh untuk memberikan jaringan kuat dan produk-produk yang relevan sehingga dapat menunjang kebutuhan pengguna dalam aktivitas berinternet dan menjalankan kegiatan sehari-hari dari rumah.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS