June 23, 2020

Solusi ContactLess DANA Sudah Siap Hadapi Era New Normal

Penulis: Desmal Andi
Solusi ContactLess DANA Sudah Siap Hadapi Era New Normal  

Mobitekno – Adanya pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung lebih dari tiga bulan membuat berbagai aspek kehidupan di masyarakat turut berubah. Aktivitas mereka yang diminta dilakukan #DiRumahAja, turut meningkatkan penggunaan layanan digital, baik melalui smartphone maupun PC atau laptop. DANA yang sudah sejak lama menawarkan solusi dompet digital pun turut merasakan perubahan ini. Oleh sebab itu, melihat situasi yang menyebabkan banyak orang beralih ke digital, membuat DANA menyiapkan berbagai macam solusi digital dalam layanan dompet digitalnya.

“Saat ini Digitalisasi sudah menjadi sebuah hal yang tidak bisa diacuhkan begitu saja. Hal ini dibuktikan dengan semakin meningkatnya penggunaan layanan digital selama pandemi Covid-19 berlangsung. Transaksi onine pun semakin meningkat karena banyak yang meninggalkan transaksi secara fisik,” ujar Vincent Iswara, CEO DANA, saat melakukan media briefing secara online minggu lalu.

Kini, menghadapi era New Normal, DANA yang sejak awal dibangun sebagai platform teknologi yang mampu beradaptasi terhadap berbagai situasi, menyatakan siap menjadi solusi masyarakat untuk menghadapi era ini. Solusi-solusi yang dihadirkan DANA diharapkan mampu meningkatkan produktivitas dan lebih efisien, walau dengan cara digital.

DANA pun melakkukan berbagai inovasi terhadap fitur dan layanannya, tetap dengan tawaran kemudahan pengoperasian, aman, dan dapat diakses oleh siapapun.

Dukungan ke UMKM

Dalam mengembangkan fitur dan layanannya, DANA pun turut memerhatikan sektor UMKM. Hal ini karena sektor ini merupakan yag paling terdampak dengan adanya pandemi Covid-19.

“Kita terus membantu UMKM di Indonesia agar mereka tetap bisa survive, terutama saat menjalankan bisnisnya di era new Normal. DANA sendiri hingga akhisr April 2020 sudah memiliki lebih dari 40 juta pengguna,” lanjut Vincent.

Ada banyak fitur yang sudah dikembangkan DANA untuk kemudahan masyarakat dalam bertransaksi secara digital. Bahkan, Di saat masa PSBB Transisi, DANA sudah mendukung pembayaran yang menggunakan QRIS. DANA juga mengeluarkan layanan baru mereka bernama DANA Siaga. Layanan ini merupakan asuransi jiwa dan rawat inap yang dapat embantu masyarakat saat menemukan masalah kesehatan. Fitur ini dihadirkan karena dampak pandemi Covid-19 membuat perkenomian banyak orang turut terganggu. Di sinilah DANA membantu mereka dengan berbagai pilihan micro insurance.

Untuk inovasi-inovasi yang dilakukan DANA dalam menghadapi New Normal dan kedepannya semuanya dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat dan UMKM. Inovasi tersebut diantaranya adalah:

Miniprogram DANA Siap Siaga Covid-19: Miniprogram Siap Siaga Covid-19 merupakan dedikasi DANA dalam membangun kesadaran masyarakat luas, terutama para penggunanya, untuk senantiasa berjuang melawan pandemi Covid-19. Miniprogram Siap Siaga Covid-19 pertama kali live pada 28 Maret 2020.

Dukungan Gerakan #belanjadiwarungTetangga: Melalui gerakan #BelanjadiWarungTetangga, DANA mengajak masyarakat untuk mendaftarkan warung-warung di sekitar mereka, sekaligus mendorong masyarakat untuk berbelanja di warung tetangganya untuk mendukung perekonomian rakyat.Warung-warung akan mendapatkan bantuan dari pemerintah. Bantuan tersebut dapat digunakan untuk membeli bahan-bahan pokok dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menjadi mitra pemerintah.

Program Donasi #TempatSinggahPejuangMedis: DANA berkolaborasi dengan KitaBisa.com dan BenihBaik.com untuk melakukan penggalangan dana (crowdfunding) bagi gerakan kemanusiaan yang digagas Yayasan Habitat ini. Selain dari aplikasi DANA, pengguna DANA juga bisa berdonasi langsung melalui KitaBisa.com dan BenihBaik.com.

Tenaga medis merupakan profesi dengan tingkat kerentanan sangat tinggi untuk terpapar Covid-19 yang disebabkan tingginya tingkat interaksi mereka dengan pasien. Di tengah penanganan Covid-19, tenaga medis juga memiliki intensitas kerja yang sangat tinggi, serta memerlukan istirahat yang berkualitas. Namun, merujuk kepada protokol penanganan Covid-19, prosedur isolasi mandiri menjadi kendala bagi para tenaga medis untuk bisa beristirahat dengan baik.

Dukungan UMKM Melalui Home Shopping: Dukungan DANA terhadap UMKM dan perekonomian agar bisa terus bergulir di tengah pandemi juga terwujud dalam inisiatif Home Shopping. Layanan ini ditujukan untuk membantu para mitra merchant DANA, khsusunya mitra offline,  agar dapat tetap beroperasi di tengah pandemi, sekaligus melayani kebutuhan para pengguna DANA yang juga merupakan pelanggan mereka. Fitur ini menghubungkan pengguna DANA dengan merchant favoritnya melalui layanan pesan instan WhatsApp.

DANa Telemedicine: Pandemi telah membuat sebagian masyarakat berpikir beberapa kali sebelum pergi ke rumah sakit. Untuk memberikan solusi terhadap kekhawatiran tersebut, DANA telah meluncurkan fitur Telemedicine yang terhubung langsung ke YesDok, aplikasi penyedia layanan telemedika. Dengan begitu, masyarakat bisa mendapatkan pemeriksaan atau berkonsultasi via video dengan dokter serta memperoleh obat-obat yang diresepkan, kapan saja dan di mana saja.

YesDok juga memberikan konsultasi video gratis untuk setiap penggunaan pertama di aplikasi DANA. Konsultasi video ini dapat digunakan untuk berbagai hal: seperti menanyakan penggunaan obat yang baik dan benarinformasi terkini mengenai COVID-19 atau apa saja demi mendukung kenyamanan pengguna DANA dari rumah selama 24 jam.

DANA Siaga: Ini merupakan Inisiatif terbaru dompet digital DANA yang bisa membantu masyarakat beradaptasi di masa New Normal dan ke depan adalah DANA Siaga. Melalui fitur ini, masyarakat berpenghasilan rendah bisa membeli produk asuransi dengan premi yang terjangkau dengan mudah melalui ponselnya. DANA Siaga menghadirkan kemudahan bagi masyarakat yang membutuhkan produk asuransi dengan premi terjangkau, proses yang simpel, serta klaim yang lebih cepat yang disediakan platform teknologi asuransi PasarPolis.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS