June 19, 2020

Segudang Kelebihan, Layanan VoLTE Telkomsel Incar 1 Juta Pengguna di Akhir Tahun

Penulis: Rizki Romdoni
Segudang Kelebihan, Layanan VoLTE Telkomsel Incar 1 Juta Pengguna di Akhir Tahun  

Mobitekno – Usai diumumkan secara soft launch pada akhir bulan Mei lalu, kehadiran layanan voice over LTE (VoLTE) Telkomsel kini telah merambah ke kota Bogor dan Sidoarjo— yang sebelumnya sudah lebih dulu muncul di Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi) dan Surabaya. Pembaruan informasi ini tidak terbatas pada ekspansi layanan, namun juga penambahan mitra vendor manufaktur (Xiaomi) dan promo paket bebas telepon yang sudah bisa diakses mulai besok.

Hadir dalam media update VoLTE yang digelar hari ini, Jumat (19/6), Adhi Putranto selaku Vice President Prepaid Consumer Telkomsel, menjelaskan bahwa VoLTE mampu memberikan pengalaman terbaik dan nilai lebih bagi pelanggan dalam berkomunikasi dengan fitur suara (jernih), namun tetap terhubung ke jaringan internet dengan nyaman.

 

“Pengalaman yang bagus untuk pelanggan dan pengalaman penggunaan data juga lebih bagus. Dari sisi ekosistem, baru dua tahun terakhir vendor merilis perangkat baru yang menyediakan teknologi VoLTE,” kata Adhi via Zoom, Jumat (19/6).

Hal itu juga diperkuat oleh komentar Christian G. Gustiana selaku General Manager Network Strategic Roadmap Telkomsel, bahwa melanjutkan langkah menuju implementasi 5G di Indonesia, Telkomsel terus bergerak mematangkan ekosistem telekomunikasi. Komitmen itu diwujudkan dalam perluasan ketersediaan layanan voice over LTE (VoLTE) yang meliputi perluasan jangkauan daerah dan mitra ponsel pendukung layanan VoLTE.

“VoLTE merupakan salah satu plan menuju ke 5G. Teknologi ini bertujuan untuk memindahkan voice yang ada di 2G atau 3G ke jaringan 4G. Apa dampaknya? Bisa dilihat bahwa tren sekarang adalah mobile device dijadikan teathering untuk WFH, saat ada telepon masuk, sinyal teathering bisa putus. Maka, hadirnya VoLTE di tengah pandemi ini sebenarnya lebih dibutuhkan,” urai Christian.

VoLTE > Panggilan WhatsApp

Pada tahap ini, layanan VoLTE Telkomsel dapat digunakan secara terbatas oleh pelanggan terpilih (whitelist customer) yang memenuhi beberapa syarat, yaitu berada di wilayah jangkauan VoLTE Telkomsel, telah menggunakan kartu yang mendukung jaringan 4G Telkomsel (uSIM), menggunakan perangkat yang telah memiliki kapabilitas layanan VoLTE, dengan sistem operasi perangkat paling terkini.

Terkait aktivasi, pelanggan cukup mengaktifkan fitur VoLTE melalui menu pengaturan perangkat, yang kemudian akan diikuti dengan munculnya tulisan “VoLTE” pada status bar. Dengan demikian, pada tahap soft launch diperhitungkan akan ada sekitar 300.000 whitelist customer yang dapat menikmati keunggulan layanan tersebut.

“Target penetrasi layanan VoLTE Telkomsel hingga akhir tahun di angka 1 jutaan,” kata Adhi.

Saat disinggung mengenai habit pengguna yang lebih sering melakukan panggilan telepon melalui WhatsApp dan yang sejenisnya, Akhmad selaku Vice President Network Planning and Engineering Telkomsel, mengungkapkan, “Jaringan kami banyak yang menggunakan 2G dan 3G, secara perangkat pun harus menunggu kapan siapnya. Pelan-pelan, kami juga berusaha migrasikan pelanggan layanan voice ke 4G,”

VoLTE

Pada tahap soft launch ini Telkomsel akan terus memonitor kualitas layanan VoLTE Telkomsel, serta memantau pengalaman pelanggan sebagai masukan untuk pengembangan layanan VoLTE Telkomsel ke depannya.

Lebih jauh, ia menyatakan bahwa sesungguhnya lebih dari 50% pelanggan masih menggunakan layanan voice biasa. “VoLTE itu manfaatnya banyak: panggilan lebih jernih, akses data tidak terganggu, pelanggan tidak perlu pindah-pindah jaringan (dari sisi baterai lebih efisien), tidak berasa panas (karena pelanggan akan stay di jaringan 4G), Kelebihan lainnya, VoLTE lebih digaransi oleh operator ketimbang WA atau yang lainnya. Karena kalau WA dibuat based effort, sementara di jaringan operator kualitas suaranya jauh lebih bagus,” ujarnya.

Tags: , , , ,


COMMENTS