September 12, 2020

Sambut PSBB Total, Smartfren Pastikan Kinerja 4G Optimal

Penulis: Rizki R
Sambut PSBB Total, Smartfren Pastikan Kinerja 4G Optimal  

Mobitekno – Seiring rencana penerapan kembali Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) di DKI Jakarta pada Senin (14/9) mendatang, Smartfren memastikan telah menyelenggarakan optimasi jaringan dan secara intensif terus memantau perubahan traffic yang terjadi. Kedua langkah tersebut dilakukan guna memastikan seluruh pelanggan Smartfren bisa mendapatkan koneksi internet dengan kecepatan maksimal di mana pun berada.

PSBB akan mengubah pola pergerakan banyak orang yang juga membuat titik kepadatan traffic data berubah menjauh dari area bisnis, perkantoran dan wisata. Optimasi jaringan yang dimaksud adalah menyesuaikan kapasitas network di area yang low traffic tersebut, kemudian mengatur kembali route traffic data ke area-area yang memerlukan kapasitas lebih tinggi sesuai kebutuhan.

Munir Syahda Prabowo, VP Technology Relations & Special Project Smartfren, menjelaskan bahwa Smartfren sudah siap dan terus mengoptimalkan network agar kinerjanya dapat mendukung skema PSBB dari pemerintah. Jaringan Smartfren sudah 100% 4G, selalu dipantau secara intensif selama 24 jam dan dikelola secara dinamis, jadi menyesuaikan pergerakan kepadatan traffic.

“Selain itu kami terus melakukan proses optimasi network, untuk menjamin pelanggan bisa mendapatkan kualitas maksimal ketika work from home (WFH) atau school from home (SFH) menggunakan aplikasi video conference. Misalnya ketika PSBB 14 September 2020 nanti traffic lebih tinggi di area pemukiman karena WFH, maka kami melakukan penyesuaian kapasitas untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut,” kata Munir.

Smartfren juga bersiaga bila ada pelanggan yang membutuhkan bantuan. Di masa PSBB yang baru ini, call center Smartfren bisa dihubungi pelanggan selama 24 jam lewat 888 dari nomor Smartfren atau 021-50100000 dan 08811223344 dari nomor lain.

Sedangkan Galeri Smartfren tetap buka dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai peraturan yang berlaku, seperti pengecekan suhu tubuh, menyediakan hand sanitizer, penerapan jaga jarak pada antrean, memasang sekat pembatas di counter pelayanan, dan mewajibkan memakai masker bagi pegawai maupun pengunjung

Smartfren juga telah meluncurkan sejumlah produk baru yang lebih relevan untuk masyarakat yang melaksanakan WFH dan SFH, seperti Smartfren Unlimited dengan Booster Unlimited dan Kuota Nonstop. Smartfren Unlimited merupakan paket internet yang bisa mengakses berbagai aplikasi tanpa ada batasan, selama 24 jam; sehingga pelanggan tidak perlu membeli paket satu per satu sesuai kebutuhan aplikasi.

Sedangkan Kuota Nonstop merupakan paket data berkuota besar dengan bonus akses yang membuat pelanggan bisa tetap terhubung ke internet meski kuota utamanya habis.

Sebelumnya pada masa penerapan PSBB pertama kali, yakni di antara Maret – Mei 2020, Smartfren mencatatkan kenaikan traffic data sebesar 10 persen di seluruh wilayah operasional. Penyebabnya adalah adanya peningkatan aktivitas masyarakat secara online, yang didukung adanya berbagai paket kuota data Smartfren sesuai dengan kebutuhan mereka.

Tags: , , ,


COMMENTS