August 12, 2020

Pendemi dan Bencana Alam Bikin Semua Orang “Melek” Teknologi, Terutama di Bidang Kesehatan

Penulis: Desmal Andi
Pendemi dan Bencana Alam Bikin Semua Orang “Melek” Teknologi, Terutama di Bidang Kesehatan  

Mobitekno – Hal ini disampaikan Zebra Technologies dalam sebuah acara online media briefing pada minggu lalu. Pandemi Covid-19 yang sudah berjalan beberapa bulan ini, sebenarnya merupakan kejadian yang berulang yang tidak dapat diprediksi waktunya dan seringkali tidak dapat dikendalikan juga. Covid-19 bukan lah kejadian luar biasa satu-satunya yang terjadi di dunia.

Namun, adanya Covid-19 ini, turut menyadarkan banyak orang tentang pentingnya sebuah teknologi, terutama di segmen kesehatan. Tidak hanya pandemi Covid-19, bencana-bencana lainnya juga seringkali memaksa kita untuk mengadopsi teknologi dengan lebih cepat. Telemedicine salah satunya. Salah satu teknologi di bidang kesehatan ini bisa mempermudah komunikasi antara dokter denga pasien, dokter dengan perawat, atau dokter dengan dokter lainnya. Komunikasi pun tanpa harus memaksa mereka pindah dari poin A ke poin B, atau ke poin lainnya.

“Bayangkan, saat pandemi tentunya akan ada banyak pasien datang. Jumlahnya bisa empat kali lipat dari biasanya. Apa yang terjadi jika tempat-tempat kesehatan seperti klinik atau rumah sakit kekurangan peralatan kesehatan, peralatan ICU, ventilator, bahkan juga kekurangan dokter,” kata James Woo, APAC Healthcare Practice Lead, Zebra Technologies Asia Pacific di acara online media briefing tersebut, pada 7 Agustus 2020..

“Situasi mungkin bisa terkendali satu atau dua hari. Namun, semakin banyaknya pasien yang datang, tentunya membuat tenaga kesehatan menjadi terbatas. Begitu juga dengan peralatan kesehatan. Di sinilah teknologi dari Zebra berperan. Solusi Zebra seperti Barcode scanner, thermal dan Mobile printers, Wristband, Clinical smartphone dengan built-in barcode scanner, dan real Time Location System, bisa membantukeadaan tersebut,” lanjut James Woo.

James Woo

Pentingnya investasi di bidang kesehatan 

Portofolio inovasi dari Zebra Technologies ini sudah dikembangkan sejak tahun 1969. Kini, di tahun 2020 tentu ada banyak solusi yang bisa bermanfaat bagi dunia kesehatan. Negara-negara yang memiliki area dan geografis yang kompleks seperti Indonesia, sudah sepatutnya memiliki banyak teknologi kesehatan untuk menangani masalah-masalah seperti di pandemi Covid-19 ini. Apalagi tidak hanya Covid-19, Indonesia yang memiliki ribuan pulau dan hutan hujan, seringkali didera berbagai penyakit lainnya, seperti Malaria, demam berdarah, hingga bencana alam. Oleh sebab itu, menurut Zebra, peran pemerintah juga sangat penting dalam menyelenggarakan telemedicine di berbagai daerah.Dengan keterlibatan pemerintah, berbagai pihak akan mendukung, seperti asuransi, rumah sakit, dan para dokter.

Oleh sebab itu, James Woo menyarankan agar industri kesehatan di seluruh dunia mulai berpikir untuk berinvastasi untuk solusi teknologi kesehatan. Ini memungkinkan para pihak yang terlibat bisa mengatur alur kerja, pross, kebijakan, serta akses data yang lebih cepat. Melalui telemedicine, mereka bisa memanfaatkan perangkat mobile yang cerdas. Teknologi-teknologi di dunia kesehatan ini tidak hanya dapat mengatur alur kerja, tetapi juga mengendalikan infeksi, memberdayakan dokter, perawat, staf ahli, hingga menangani lebih banyak pasien.

Healthcare sendiri merupakan sektor baru yang dirambah oleh Zebra. Namun, meski tergolong masih muda, Zebra telah memposisikan dirinya sebagai perusahaan yang bertumbuh paling cepat di dunia. Bahkan, pertumbuhannya hingga double digit. Year on year, dan termasuk dalam Gartner Magic Quadrant.

Portofolio dari Zebra Healthcare

Solusi Zebra ditengah Covid-19

Di masa pandemi Covid-19ini, Zebra pun tidak tinggal diam. Beberapa solusi telah mereka buat untuk menangani pandemi ini.Salah satunya adalah Zebra MotionWorks Proximity yang berbasis Bluetooth dan Wi-Fi. Solusi ini mengombinasikan Proximity Alerts dengan memberikan peringatan di perangkat mobile pekerja. Dengan demikian, mereka bisa mengetahui apakah dirinya terlalu dekat dengan orang yang terdampak atau tidak. Ini bisa mendukung anjuran Social Distancing yang diterapkan di seluruh dunia.

Bahkan, Dengan tambahan Proximity Event, manager diberikan masukan untuk mengingatkan para pekerjanya untuk menjaga jarak mereka. Adapun Contact tracing report akan memperlihatkan riwayat eksposur seseorang secara detail, seperti jumlah interaksi, durasi, dan kapan interaksi terjadi.

Zebra juga melakukan alur kerja sanitasi untuk mencegah kontaminasi virus pada perangkat kerja yang dipakai bersama. Cara ini bisa mencegah perusahaan secara tidak sengaja memakai perangkat yang belum disanitasi.

 

 

Tags: , , ,


COMMENTS