January 4, 2020

Radikal! OnePlus “Concept One” Pakai Teknologi McLaren untuk Membuat Kamera Tersembunyi

Penulis: Rizki Romdoni
Radikal! OnePlus “Concept One” Pakai Teknologi McLaren untuk Membuat Kamera Tersembunyi  

Mobitekno – OnePlus akan memanfaatkan momentum CES (Consumer Electronic Show) 2020 untuk mengungkap ponsel konsep pertama yang menggunakan kaca elektrokromik seperti yang digunakan pada kendaraan McLaren 720S dan Mercedes SL. Pada mobil, kaca elektrokromik digunakan untuk memblokir cahaya atau membiarkannya masuk ke kabin. Nah, pabrikan ponsel asal Cina itu menggunakannya untuk membuat “kamera tak terlihat” pada ponsel cerdas Concept One.

Perangkat seluler konseptual akan diluncurkan pekan depan. OnePlus mengatakan kaca tersebut akan “menyelubungi” lensa kamera utama pada body kaca belakang dan membukanya hanya ketika sedang digunakan. Untuk mengaktifkannya, lensa ditutupi oleh layar yang menampilkan partikel organik yang berubah antara transparan dan tembus cahaya tergantung pada tegangan yang diberikan padanya.

Berkat penutupnya yang tembus pandang hingga kamera diaktifkan, ponsel ini memiliki “punggung yang bersih” yang menghadirkan pengalaman genggaman premium dan tidak mencolok bagi penggunanya.

Gambar dari Wired

Tentu saja, bagi sebagian tech reviewer menganggap ide ini cukup gila, dimana Concept One menjadi smartphone pertama yang memiliki fitur kaca elektrokromik. Hal itu juga menimbulkan banyak pertanyaan, salah satunya adalah berapa tenaga yang akan digunakan untuk masa pakai baterai.

Terlepas dari pertanyaan itu, Wired melaporkan bahwa Direktur Kreatif OnePlus, Xi Zeng, mendapat inspirasi untuk membuat ponsel setelah melihat kaca elektrokromik pada kendaraan 720S selama tur di kantor pusat McLaren. Dia kemudian bertanya-tanya tentang kemungkinan menggunakan kaca itu pada smartphone, dan tim insinyur dikerahkan untuk mengeksplorasi kemungkinan pada akhir 2018.

Tidak banyak yang diketahui tentang ponsel itu pada saat ini, tetapi sejumlah media luar melaporkan Concept One akan menggunakan kamera yang sama dengan OnePlus 7T Pro McLaren Edition. Tentu saja, ponsel ini hanyalah sebuah konsep dan Anda mungkin tidak berharap menemukan kaca elektrokromik di saku Anda dalam waktu dekat.

Tags: , , , , ,


COMMENTS