August 30, 2019

Ulang Tahun Ke-6, Ralali.com Lahirkan BIG Agent; Jembatan antara UMKM dengan Pekerja Lepas

Penulis: Rizki Romdoni
Ulang Tahun Ke-6, Ralali.com Lahirkan BIG Agent; Jembatan antara UMKM dengan Pekerja Lepas  

Mobitekno – Kesempatan berkontribusi dalam menghadirkan inovasi teknologi untuk mendukung ekonomi digital masih terbuka lebar. Apa buktinya? Laporan World Bank tahun 2018 menunjukkan peringkat Indonesia masih rendah dalam hal kualitas SDM, sementara pergerakan dunia yang sangat dinamis menuntut SDM yang unggul.

Dua hal yang terlihat seolah bertolak belakang ini menjadi pemicu Ralali.com untuk menciptakan satu platform on-demand, yaitu BIG Agent. Misinya adalah membantu bisnis menjadi lebih mudah dengan memberdayakan dan menghubungkan SDM Indonesia dalam satu platform.

“Kami ingin membawa platform ini sebagai wadah sumber daya manusia berbasis freelancer melek teknologi yang mampu menghubungkan jutaan manusia, sehingga pemerataan akses untuk bisnis pun mudah didapat,” kata Joseph Aditya, Pendiri sekaligus CEO Ralali.com dalam sambutannya dalam acara ulang tahun ke-6 Ralali.com di Jakarta, Kamis (29/8).

Selama ini Ralali.com memang dikenal sebagai online B2B marketplace pertama dan terbesar di Indonesia. BIG Agent diproyeksikan menjadi platform inovator yang berdampak pada ekonomi digital di Indonesia, karena masyarakat bisa memiliki hak dan peluang yang sama untuk meningkatkan kesejahteraan ekonominya tanpa syarat yang berbelit-belit. Sang Agent cukup menjalankan pekerjaan sesuai preferensi yang ada di platform BIG Agent.

“Singkatnya, BIG Agent itu ‘no limit’, ‘no shift’ dan ‘no boss’,” kata Alexander Lukman selaku Chief Operating Officer Ralali.com.

Data Ralali.com melaporkan bahwa saat ini sudah tersedia ratusan ribu pekerjaan di platform BIG Agent, termasuk korporasi besar seperti Unilever Food Solution dan Sasa. Mekanisme agen dalam menjalankan pekerjaan dibagi menjadi 3 layanan, yaitu survei pasar, promosi dan akuisisi. Ketiganya ini memiliki ‘upah’ proporsional. Bila agen sukses menjalani ketiganya, maka dirinya berhak mengklaim jackpot. Agen pun tidak terikat waktu, asal mereka rajin pasti akan sukses.

“6 jam perhari, 20 hari sebulan, pendapatan sobat Agent bisa melewati UMR,” klaim Alexander.

Saat ini, sudah ada 300 ribu Sobat Agent (sebutan bagi pengguna BIG Agent) yang tersebar di 25 provinsi se-Indonesia, dengan konsentrasi di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Malang, Semarang, Palembang, dan Padang. Semuanya hadir dari berbagai latar belakang, karyawan, pensiunan, pelajar, driver ojol bahkan pelajar dengan dominasi rentang usia 21 – 25 tahun.

Alexander Lukman selaku Chief Operating Officer Ralali.com.

“Sebetulnya kami juga sudah hadir hingga Indonesia Timur, Wamena dan Biak,” ungkapnya.

“Dengan adanya BIG Agent, pelaku bisnis bisa memangkas jarak dan waktu untuk menyebarluaskan bisnis dan produknya kepada sasaran yang tepat dan membayar sesuai dengan performa. Tentunya, kehadiran BIG Agent menjadi pembeda antara kami dengan e-commerce lainnya,” jelas Alexander.

Tags: , , , , , ,


COMMENTS