May 23, 2019

Jamin Layanan Optiomal Selama Lebaran 2019, Ini Tiga Strategi Smartfren

Penulis: Iwan RS
Jamin Layanan Optiomal Selama Lebaran 2019, Ini Tiga Strategi Smartfren  

Mobitekno – Semua operator seluler di Tanah Air selalu menjaga layanannya agar selalu berjalan optimal. Berkaitan dengan bulan Ramadan dan Lebaran 2019 nanti, terutama menjelang arus mudik dan balik, operator 4G LTE Smartfren (PT Smart Telecom) sudah pasti juga bersiaga menghadapi adanya lonjakan penggunaan layanannya di Jawa, Sumatra, Sulawesi, Kalimantan, dan wilayah lainnya.

Salah satu antisipasi Smartfren agar layananannya berjalan optimal adalah dengan mengoptimalkan jaringan mereka di daerah-daerah yang diprediksi akan mengalami lonjakan traffic (lalu lintas). Sejauh ini, Smartfren telah melakukan serangkaian uji sinyal di beberapa jalur mudik Lebaran 2019.

Menurut Munir SP, VP Technology Relations & Special Project Smartfren, berdsarkan data di tahun-tahun sebelumnya, sepanjang jalur mudik pulau Jawa, kota persinggahan hingga tujuan akan mengalami peningkatan trafik mulai seminggu menjelang hari raya Lebaran. Misalnya di pelabuhan Merak, Cilegon, Tasikmalaya, Magelang, Madiun, dan Banyuwangi.

Pengoptimalan jaringan (sebagai antisipasi peningkatkan trafic 20-30 persen) dilakukan Smartfren dengan menyebar BTS mobile, disebut COW (Cell On While) di sepanjang jalur mudik di pulau Jawa. Setidaknya ada sekitar 180 unit COW dari Merak hingga Surabaya melalui tol atau pun non-tol yang sudah standby sejak April lalu.

Selain melakukan penambahan kapasitas rata-rata 30 persen seluruh area public, jalur transportasi/mudik, dan kota-kota tujuan mudik, Smartfren juga menyiapkan sekitar 200 tenaga teknis/engineer-nya, lengkap dengan kendaraan operasional dan perangkat pendukung. Mereka semuanya disebut telah siaga mulai dari H-7 sampai H+7.

Sebagai strategi ketiga dalam rangka antisipasi mudik Lebaran, Smartfren juga menyiagakan Intensive care dan monitoring (NOC) seluruh elemen sistem selama 24 jam 7 hari penuh selama Ramadan dan mudik Lebaran.

Tidak lengkap rasanya jika tanpa adanya paket khusus Lebaran. Oleh karenanya, Smartfren juga menghadirkan beragam pilihan paket kuota internet mulai dari paket unlimited (Super 4G Unlimited) hingga kuota super besar (Super 4G Kuota).

Paket ‘Super 4G Unlimited’ merupakan paket internet kuota tanpa batas yang ditawarkan Rp 65 ribu selama 30 hari. Paket ini dihadirkan dalam bentuk kartu perdana dan voucher data. Paket ‘Super 4G Kuota’ ditawarkan mulai dari Rp 30 ribu (10 GB) hingga Rp 100 ribu (60 GB). Khusus menjelang bulan Ramadhan, ada juga paket “Super 4G Kuota” 5GB yang ditawarkan seharga Rp 12.500.

Layanan lain yang juga kembali digenjot Smartfren adalah layanan digital, seperti super 4G video untuk movie lover, Super 4G Music bagi penikmat lagu, dan Super 4G Games untuk para penikmat game (gamer).

Tags: , , , , , , ,


COMMENTS